Aplikasi Pembelajaran Tematik Berbasis TIK: PPM Bagi Guru SD Hang Tuah X Sedati
137-149
Abstract
Perubahan orientasi pembelajaran pada Era Revolusi Industri 4.0 juga menyebabkan pergeseran orientasi tentang cara belajar. Pembelajaran yang relevan agar peserta didik dapat beradaptasi dengan kebutuhan dan tuntutan pada era Revolusi Industri 4.0 ini adalah pembelajaran yang penuh dengan keterbukaan, memandirikan, dan menumbuhkan kemampuan berpikir kritis. Memaknai Era Revolusi Industri 4.0 yang merupakan era transformasi digital, kegiatan pembelajaran dituntut untuk mengurangi penerapan metode ceramah untuk mentransfer pengetahuan (transfer of knowledge) menerapkan aplikasi pembelajaran berbasis TIK. Untuk itu, berpijak pada pentingnya penerapan pembelajaran berbasis TIK, tim dosen PGSD Adi Buana Surabaya melakukan suatu kegiatan pengabdian kepada masyarakat dengan materi aplikasi pembelajaran tematik berbasis TIK bagi Guru SD Hang Tuah X Sedati. Metode pelaksanaan workshop dengan presentasi, pemodelan dan simulasi disertai tugas. Bahan presentasi adalah tentang penyusunan perangkat pembelajaran tematik berbasis TIK secara umum, dan Penerapan Aplikasi Pembelajaran Tematik Berbasis TIK secara khusus. Berakhirnya pelaksanaan program PPM Program Studi PGSD Universitas PGRI Adi Buana Surabaya yang berjudul ini dapat menyelesaikan permasalahan guru dalam merancang dan mengembangkan, serta mengelaborasi pembelajaran berdasarkan kurikulum merdeka belajar. Hal tersebut dibuktikan dengan pemahaman berdasarkan presentasi dan tugas yang dilakukan peserta.
Downloads
References
Eshet, Y. (2004). Digital literacy: A Conceptual Framework for Survival Skills in The Digital Era. Journal of Educational Multimedia and Hypermedia, 13(1), 93 – 106.
Fanny, A. M. (2019, March). Analysis Of Pedagogical Skills And Readiness Of Elementary School Teachers In Support Of The Implementation Of The 2013 Curriculum. In International Conference on Bussiness Law and Pedagogy (Vol. 1, No. 1, pp. 59-63).
Gilster, P. (1997). Digital Literacy. New York: Wiley Computer Pub.
Hobbs, R. (2010). Digital and Media Literacy: A Plan of Action. A White Paper on The Digital and Media Literacy Recommendations of The Knight Commission on The Information Needs of The Communities in The Democracy. Aspen Institute. 1 Dupont Circle NW Suite 700, Washington, DC 20036.
Iriawan, S. B. (2019). Pengembangan Model Pembelajaran Berbasis Sistem Among Ki Hadjar Dewantara untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis, Kemandirian Belajar, dan Kebiasaan Berpikir Matematis Siswa Sekolah Dasar. Disertasi Universitas Pendidikan Indonesia: Tidak Dipublikasikan.
Kasali, R. (2018). Disruption (9th ed.). Jakarta: Gramedia. Suwardana, H. (2018). Revolusi Industri 4.0 Berbasis Revolusi Mental. JATI UNIK: Jurnal Ilmiah Teknik dan Manajemen Industri, 1(2), 102 – 110.
Rachmadtullah, R., Azmy, B., & Susiloningsih, W. (2021). PENINGKATAN KOMPETENSI GURU SDN MARGOREJO I MELALUI WORKSHOP EVALUASI PEMBELAJARAN BERBASIS HOTS. BERNAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), 351-357.
Rusminati, S. H., & Sulistyawati, I. (2018). Implementasi lesson study menggunakan model think pair share dan pendekatan saintifik. Premiere Educandum: Jurnal Pendidikan Dasar dan Pembelajaran, 8(1), 88-97.
Saputra, N., Hikmah, N., Saputra, M., Wahab, A., & Junaedi, J. (2021). Implementation of Online Learning Using Online Media, During the Covid 19 Pandemic. Budapest International Research and Critics Institute (BIRCI-Journal): Humanities and Social Sciences, 4(2), 1802-1808.
Wibawa, S. (2018). Pendidikan dalam Era Revolusi Industri 4.0. Indonesia.
Yahya, M. (2018). Era Industri 4.0: Tantangan dan Peluang Perkembangan Pendidikan Kehuruan Indonesia. Makasar.