Kolaborasi @promomakansmg dalam Upaya Meningkatkan Promosi Digital UMKM Warga Ngobo, Karangjati, Semarang

  • Dhesi Wulan Sari Prodi D3 Teknika, Politeknik Maritim Negeri Indonesia
  • Akhmad Nuriyanis Prodi D3 Teknika, Politeknik Maritim Negeri Indonesia
  • Suyono Suyono Prodi D3 Teknika, Politeknik Maritim Negeri Indonesia
  • Deri Herdawan Prodi D3 Teknika, Politeknik Maritim Negeri Indonesia

Abstract

Perkembangan teknologi yang cepat dan sulit dikendalikan menghambat perkembangan usaha UMKM warga dusun Ngobo, Kecamatan Karangjati, Kabupaten Semarang. Penjualan dan pemasaran produk hasil UMKM masih dilakukan secara konvensional dengan cara dititipkan di pasar. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat berupa pelatihan digital marketing dilakukan menggunakan metode pendekatan klasikal. Seluruh peserta ditempatkan pada ruang yang dapat menampung 50 peserta. Metode yang digunakan dalam pendekatan klasikal ini adalah dengan mode ceramah dan praktek secara langsung. Peserta mengedit foto produk menggunakan Canva, membuat caption dan hashtag sesuai dengan produk untuk kemudian dibagikan di instagram dengan mention dan tag akun instagram @promomakansmg.      

Downloads

Download data is not yet available.

References

Badan Pusat Statistik. (2020). Berita resmi statistik 5 Agustus 2020 - Pertumbuhan Ekonomi Indonesia Triwulan II-2020. Bps.Go.Id, No 64/08/T(27), 1–52. https://www.bps.go.id/pressrelease/2020/08/05/1737/-ekonomi-indonesia-triwulan-ii-2020-turun-5-32-persen.html

Hardilawati, W., Binangkit, I., & Perdana, R. (2019). ENDORSEMENT: MEDIA PEMASARAN MASA KINI.

Informasi, S., Dharma, S., & Metro, W. (n.d.). Desain dan Digital Marketing Online Menggunakan Canva. 1–5.

Puspitarini, D. S., & Nuraeni, R. (2019). Pemanfaatan Media Sosial Sebagai Media Promosi (Studi Deskriptif pada Happy Go Lucky House). Jurnal Common, 3(1), 71–80. https://doi.org/10.34010/COMMON.V3I1.1950

Said, L. (2021). Manajemen Pemasaran UMKM di Era Digital (pp. 77–87).
toaz.info-10-prinsip-kepuasan-plgn-pr_ea6b220863f34a5352183d720462b4de.pdf. (n.d.).

Umami, R., Rizal, A., & Sumartik, S. (2019). Pengaruh Kualitas Produk, Harga Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Kedai Warsu Coffe Cafe. Equilibrium: Jurnal Ekonomi-Manajemen-Akuntansi, 15(2), 250. https://doi.org/10.30742/equilibrium.v15i2.630

Wardhana, A. (2021). Perumusan Strategi Pemasaran (pp. 23–36).

????. (2019). No ????????????????????? ?????????????????Title. In Carbohydrate Polymers (Vol. 6, Issue 1).
Published
2023-01-17
How to Cite
SARI, Dhesi Wulan et al. Kolaborasi @promomakansmg dalam Upaya Meningkatkan Promosi Digital UMKM Warga Ngobo, Karangjati, Semarang. Manggali, [S.l.], v. 3, n. 1, p. 156-163, jan. 2023. ISSN 2798-4435. Available at: <https://e-journal.ivet.ac.id/index.php/manggali/article/view/2506>. Date accessed: 01 july 2025. doi: https://doi.org/10.31331/manggali.v3i1.2506.
Section
Articles