Pelatihan Computational Thinking Melalui Soal Tantangan Bebras untuk Siswa SD

  • Wise Herowati Herowati Program Studi Teknik Informatika , Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Dian Nuswantoro, Semarang, Indonesia
  • Usman Sudibyo Universitas Dian Nuswantoro
  • Setyo Budi Universitas Dian Nuswantoro
  • Achmad Wahid Kurniawan Universitas Dian Nuswantoro
  • Aprilyani Nur Safitri Universitas Dian Nuswantoro

Abstract

Proses penyampaian ilmu pengetahuan salah satunya ada di proes pendidikan dasar yang diterapkan pada proses persekolahan. Salah satu yang mendukung untuk mengembangkan pengetahuan adalah menggunakan konsep Computational Thinking (CT) melalui soal-soal Bebras. Pengetahuan mengenai soal bebras dapat membantu guru dan  siswa dalam mengembangkan kemampuan dan kreatifitas dalam berpikir kritis dan melakukukan analisis dalam menyelesaikan masalah. Metode pembelajaran berbasis simulasi yang digunakan dalam proses pelatihan yang diharapkan dapat membantu guru dan siswa dalam memvisualisasikan konsep secara lebih baik dan jelas serta diharapkan pula siswa mendapatkan keterampilan yang baru dengan tidak takut jika melakukan kesalahan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Bers, M. U. (2018). Coding, playgrounds and literacy in early childhood education: The development of KIBO robotics and ScratchJr. 2018 IEEE Global Engineering Education Conference (EDUCON), 2094–2102. https://doi.org/10.1109/EDUCON.2018.8363498
Bunga, Y. N., Prasetyo, A. P. B., & Susanti, R. (2016). Journal of Innovative Science Education. Journal of Innovative Science Education, 5(2), 152–162.
Dwi Arini, N. K. A., Murda, I. N., & Tri Agustiana, I. G. A. (2020). Korelasi Antara Rasa Ingin Tahu dan Motivasi Belajar dengan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V. Mimbar Ilmu, 25(1), 20. https://doi.org/10.23887/mi.v25i1.24472
Ence Surahman, Saida Ulfa, Sulthoni, & Sumaji. (2020). Pelatihan Perancangan Pembelajaran Berbasis Computational Thinking untuk Guru Sekolah Dasar. JURPIKAT (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat), 1(2), 60–74. https://doi.org/10.37339/jurpikat.v1i2.277
Griselda, V. E. (2021). Peningkatan Computational Thinking Guru Dalam Menghadapi Blended Learning. Jurnal Pendidikan Sains Dan Komputer, 1(01), 56–61. https://doi.org/10.47709/jpsk.v1i01.1291
Hidayatullah, S. (2019). Agama dan Sains: Sebuah Kajian Tentang Relasi dan Metodologi. Jurnal Filsafat, 29(1), 102–133. https://doi.org/10.22146/jf.30246
Kustomo, Lulu Choirun Nisa, H. M. (2023). Penguatan Metode Computational Thinkinguntuk Guru Madrasah dalam Rangka Meningkatkan Minat Belajar Siswa Pasca Pandemi Covid-19. Jurnal Warta LPM, 26, 1–10. https://doi.org/https://doi.org/10.23917/warta.v26i1.799
Maharani, S., Nusantara, T., As’ari, A. R., & Qohar, A. (2020). Computational Thinking?: Media Pembelajaran CSK (CT-Sheet for Kids) dalam Matematika PAUD. Jurnal Obsesi?: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 975–984. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.769
Nasiba, U. (2022). Brankas Rahasia: Media Pembelajaran Numerasi Berbasis Berpikir Komputasi untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah. Jurnal Didaktika Pendidikan Dasar, 6(2), 521–538. https://doi.org/10.26811/didaktika.v6i2.764
Noviyanti, N., Yuniarti, Y., & Lestari, T. (2023). Pengaruh Pembelajaran Berdiferensiasi Terhadap Kemampuan Computational Thinking Siswa Sekolah Dasar. Prima Magistra: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 4(3), 283–293. https://doi.org/10.37478/jpm.v4i3.2806
Nurhopipah, A., Nugroho, I. A., & Suhaman, J. (2021). Pembelajaran Pemrograman Berbasis Proyek Untuk Mengembangkan Kemampuan Computational Thinking Anak. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 27(1), 6. https://doi.org/10.24114/jpkm.v27i1.21291
Pertiwi, A., & Pertiwi, A. (2020). Konsep Informatika Dan Computational Thinking Di Dalam Kurikulum Sekolah Dasar, Menengah, Dan Atas. Abdimasku?: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(3), 146. https://doi.org/10.33633/ja.v3i3.53
Rahani, F. F., & Jones, A. H. S. (2020). Pelatihan computational thinking dan lomba bebras untuk guru dan siswa Sekolah Dasar se- Bantul. Seminar Nasional Pengabdian Kepada Masyarakat, 0(0), 851–858. https://ojs.unm.ac.id/semnaslpm/article/view/18284
Ridwan, M., Syukri, A., & Badarussyamsi, B. (2021). Studi Analisis Tentang Makna Pengetahuan Dan Ilmu Pengetahuan Serta Jenis Dan Sumbernya. Jurnal Geuthèë: Penelitian Multidisiplin, 4(1), 31. https://doi.org/10.52626/jg.v4i1.96
Rosadi, M. E., Wagino, W., Alamsyah, N., Rasyidan, M., & Kurniawan, M. Y. (2020). Sosialisasi Computational Thinking untuk Guru-Guru di SDN Teluk dalam 3 Banjarmasin. https://api.semanticscholar.org/CorpusID:225901842
Suktiningsih, W., Supatmiwati, D., Dasriani, N. G. A., Apriani, A., & Ismarmiaty, I. (2021). Pengenalan Pemikiran Computational Thinking untuk Guru MI dan MTs Pesantren Nurul Islam Sekarbela. Jurnal Karya Untuk Masyarakat (JKuM), 2(1), 91–102. https://doi.org/10.36914/jkum.v2i1.490
Talango, S. R. (2020). Konsep Perkembangan Anak Usia Dini. Early Childhood Islamic Education Journal, 1(1), 92–105. https://doi.org/10.54045/ecie.v1i1.35
Tri, L., Swastyastu, J., Visual, M., & Pembelajaran, M. (2020). Manfaat Media Pembelajaran Dalam Pemerolehan Bahasa Kedua Anak Usia Dini. Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 52–59.
Published
2024-01-15
How to Cite
HEROWATI, Wise Herowati et al. Pelatihan Computational Thinking Melalui Soal Tantangan Bebras untuk Siswa SD. Manggali, [S.l.], v. 4, n. 1, p. 1 - 12, jan. 2024. ISSN 2798-4435. Available at: <https://e-journal.ivet.ac.id/index.php/manggali/article/view/2941>. Date accessed: 05 may 2024. doi: https://doi.org/10.31331/manggali.v4i1.2941.
Section
Articles