Pendampingan Penyusunan Proposal Penelitian Tindakan Kelas (PTK) Bagi Guru SMA PL Don Bosko Semarang

  • Eva Banowati Universitas Negeri Semarang
  • Apik Budi Santoso Universitas Negeri Semarang
  • Sriyanto Sriyanto Universitas Negeri Semarang
  • Careza Sisiliana SMA PL Don Bosko Semarang
  • Heni Widiastuti Universitas Negeri Semarang

Abstract

Penyusunan proposal Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dilatihkan sebagai reinforcement atas pengalaman para guru. PTK suatu bentuk penelitian reflektif dapat dimanfaatkan sebagai alat untuk pengembangan kurikulum, pengembangan atau peningkatan kompetensi pedagogik dan prosesional berkaitan dengan pengelolaan kelas, fasilitator bagi peserta didik mencapai kompetensi atau capaian pembelajaran sesuai tahap perkembangannya. Beberapa kondisi guru SMA PL Don Bosko Semarang enggan membuat proposal PTK. Kondidi ini berefek kepangkatan guru banyak yang tidak lancar, diantaranya karena belum memiliki PTK. Tujuan kegiatan: meningkaatkan keterampilan guru SMA PL Don Bosko menyusun proposal PTK. Metode pelaksanaan: dikemas dalam bentuk workshop. Tahap pertama, diawali dengan pemberian materi kebijakan dan implementasi Kurikulum Merdeka, dilanjutkan pemberian materi penyusunan proposal sebagai penguatan pemahaman yang dilakukan melalui ceramah dan diskusi interaktif, serta praktek menyusun rancangan atau proposal PTK. Tahap kedua, guru-guru peserta pelatihan diberi kesempatan waktu (off time) sekira 10-14 hari untuk menyusun proposal dan pendampingan secara daring. Tahap ketiga, menentukan waktu pelaksanaan penelitian sesuai kesiapan guru. Tahap keempat, umpan balik atas rangkaian kegiatan dan dilanjutkan dengan pembagian sertifikat. Hasil kegiatan menunjukkan guru semangat mengikuti, pemahaman sangat baik,  keterampilan menyusun pada level sedang. Sebagian besar masih pada tahap revisi proposal. Selain itu, terdapat 4 proposal yang siap diteruskan di kegiatan penelitian atau dilaksanakan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ani Widayati. 2008. Penelitian Tindakan Kelas. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia Vol. VI No. 1 – Tahun 2008 Hal. 87 – 93.
Budiastuti Siti Arina. 2023. Peningkatan Keterampilan Membuat Karya Inovasi Media Pembelajaran melalui Metode Modifikasi Permainan Anak. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru Vol. 8 No. 2 – Tahun 2023 Hal. 146 – 155.
Nellitawati & Aswardi. 2018. Efektivitas Pelatihan Metode Penelitian Tindakan Kelas Bagi Guru SD di Kecamatan Padang Timur Kota Padang. Jurnal Aplikasi IPTEK Indonesia. Universitas Negeri Padang.
Sri Suratmi, etc. 2018. Statistika Untuk Pengolahan Data Hasil Penelitian Tindakan Kelas (PTK) Kelompok Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) Di SMP Rayon Bandung Selatan. DIFUSI Volumen1, No.1, Januari 2018.
Kardiawarman Tisno Hadisubroto. 1998. Konsep Dasar Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research). Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi Proyek Pengembangan Guru Sekolah Menengah (Secondary School Teacher Development Project) IBRD Loan No. 3979-IND.
McNiff, Jean. 1992. Action Research: Principles and Practice. London. MacMillan Education Ltd.

SuaraKarya.co.id. 2019. Mulai 2020, Pelatihan Guru Gunakan Metode “5 In 3 On” di akses pada tanggal 5 November 2023, Pukul. 12.30 WIB.
Wibawa. 1999. Penelitian Tindakan Kelas. Tim Pelatih Proyek PGSM. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Proyek PGSM Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. Akses pada tanggal 7 September 2023, Pukul. 05.15 WIB.
Published
2024-01-15
How to Cite
BANOWATI, Eva et al. Pendampingan Penyusunan Proposal Penelitian Tindakan Kelas (PTK) Bagi Guru SMA PL Don Bosko Semarang. Manggali, [S.l.], v. 4, n. 1, p. 42 - 52, jan. 2024. ISSN 2798-4435. Available at: <https://e-journal.ivet.ac.id/index.php/manggali/article/view/3049>. Date accessed: 05 may 2024. doi: https://doi.org/10.31331/manggali.v4i1.3049.
Section
Articles