Pelaksanaan Pembelajaran PKn
Studi Kasus di SMK Pembangunan Mranggen-Demak
Abstract
Proses pembelajaran yang dilaksanakan guru selama ini masih ada sebagian yang mengalami kendala, termasuk yang dialami guru PKn, sehingga perlu ada action atau tindakan sebagai masukan untuk mengurangi kelemahan tersebut. Hal yang dapat dilakukan selain motivasi belajar dari siswa juga dari orang tua serta sarana-prasarana, dan yang tidak kalah pentingnya adalah pihak guru mulai dari persiapan, pelaksanaan, hingga sampai pada evaluasi. Tujuan tujuan penelitian adalah mendeskripsikan: 1) persiapan atau rancangan guru PKn dalam proses pembelajaran; 2) pelaksanaan proses pembelajaran; dan 3) evaluasi atau penilaian dari proses pembelajaran oleh guru PKn.
Model penelitian digunakan kualitatif dengan pendekatan deskriptif dengan sumber data diperoleh dari kata-kata atau tindakan, sumber data tertulis, dokumen, dan photo-photo kegiatan. Informan penelitian adalah: 1) kepala sekolah sebagai informan kunci atau key informan, dan informan lapangan adalah: 2) wakil kepala sekolah bidang kurikulum; 3) perwakilan guru; dan 4) perwakilah peserta didik. Teknik pengumpulan data digunakan: 1) wawancara; 2) observasi partisipatif; dan 3) studi dokumentasi, sedangkan teknik analisis data digunakan model interaktif.
Simpulan penelitian adalah: 1) perencanaan pembelajaran guru PKn berjalan efektif dan efisien, dalam arti mempertimbangkan waktu yang tersedia dengan cakupan materi relatif luas; 2) pelaksanaan proses pembelajaran PKn oleh guru PKn selalu berpedoman pada Garis-garis Besar` Program Pengajaran (GBPP) yang dioperasionalkan dalam bentuk Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP); dan 3) evaluasi atau penilaian oleh guru PKn digunakan sistem berkelanjutan, mulai dari nilai harian dalam bentuk pop quis, ujian tengah semester dan ujian semester. Selain itu dilakukan penilaian dengan memperhatikan keseimbangan antara aspek kognitif, afektif, dan psikomotor.
Kata kunci: pembelajaran, PKn.