Pengaruh Lingkungan Tempat Tinggal dan Lingkungan Sekolah Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas X Tkr di Smk Negeri 10 Semarang
Abstract
Pada tahun ajaran 2017/2018 pelaksanaan PPDB dilaksanakan dengan sistem zonasi, peserta didik baru di SMK N 10 semarang sebagian besar bertempat tinggal tidak jauh dari lingkungan sekolah. SMK N 10 Semarang yang terletak di jalan kokrosono no 75 Semarang. Lingkungan masyarakat daerah SMK N 10 Semarang terdapat kegiatan perjudian, minuman miras yang menjadi pemandangan biasa. Siswa SMK N 10 beberapa kali terlibat aksi tawuran antar pelajar pada tahun 2018.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh lingkungan tempat tinggal dan lingkungan sekolah terhadap prestasi belajar siswa kelas X TKR di SMK N 10 Semarang. Populasi penelitian ini 80 siswa, dan sekaligus sebagai sampel. Penelitian ini menggunakan metode regresi berganda, ada 2 variabel independent (X1) lingkungan tempat tinggal, (X2) lingkungan tempat tinggal dan variabel dependent (Y) tentang prestasi siswa. Pengumpulan data menggunakan instrumen angket, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini yaitu (1) kondisi lingkungan tempat tinggal siswa SMK N 10 Semarang rata- rata di kriteria baik dengan prosentase sebesar 56 %, (2) Kondisi lingkungan sekolah di SMK N 10 Semarang berada di kriteria baik dengan rata-rata prosentase sebesar 51%, (3) Hipotesis Ha diterima dan pengaruh lingkungan tempat tinggal dan lingkungan sekolah terhadap prestasi belajar siswa dengan koefisien determinasi 21,1%.
Kata Kunci: lingkungan tempat tinggal, lingkungan sekolah, dan prestasi belajar.