Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan di SMA Negeri 1 Mranggen
Abstract
Tujuan penelitian adalah: 1) untuk mendeskripsikan dan menganalisis persiapan atau perencanaan guru PKn dalam proses pembelajaran; 2) untuk mendeskripsikan dan menganalisis pelaksanaan proses pembelajaran yang dilaksanakan oleh guru PKn; dan 3) untuk mendeskripsikan dan menganalisis pelaksanaan evaluasi atau penilauan guru PKn dalam proses pembelajaran di SMA Negeri 1 Mranggen Kabupaten Demak.
Model penelitian yang digunakan adalah kualitatif, yaitu penelitian yang cara memperoleh datanya berdasarkan kata-kata atau tindakan, sumber data tertulis, dan photo-photo kegiatan. Sedangkan sumber data diperoleh dari data berupa dokumen sekolah terkait perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi pembelajaran oleh guru PKn. Informan penelitian adalah: 1) Kepala sekolah yang ditetapkan sebagai informan kunci atau key informan, sedang informan lapangan atau pelengkap adalah: 2) Wakil kepala sekolah bidang kurikulum, 3) perwakilan guru, dan 4) perwakilan peserta didik. Teknik pengumpulan data digunakan: 1) wawancara; 2) observasi partisipatif; dan 3) studi dokumentasi, sedangkan teknik analisis data digunakan analisis interaktif model Miles & Huberman.
Hasil penelitian diperoleh temuan: 1) perencanaan pembelajaran oleh guru PKn berjalan secara efektif dan efisien, dalam arti mempertimbangkan waktu yang tersedia dengan perbandingan atau cakupan materi yang rekatif luas; 2) pelaksanaan pembelajaran PKn, guru selalu berpedoman pada Garis-garis Besar` Program Pengajaran (GBPP) yang dioperasionalkan dalam bentuk Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP); dan 3) penilaian atau evaluasi pembelajaran oleh guru PKn digunakan penilaian sistem berkelanjutan, mulai dari nilai harian dalam bentuk pop quis, kuis, ujian tengah semester dan ujian akhir semester. Penilaian dilakukan dengan memperhatikan keseimbangan ketiga aspek, yaitu: kognitif, afektif, dan psikomotor.
Kata kunci: pembelajaran PKn.