Model Pembelajaran Class Zoom Dalam Peningkatan Kemampuan Lestening Pada Mapel Bahasa Inggris Melalui Media Audio Visual Dengan Pendekatan Story Telling Bagi Peserta Didik kelas IX-A1 MTs 2 SURAKARTA

  • Savri Indiani S. Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Surakarta

Abstract

Masih adanya sebagian peserta didik kelas IX-A1  di MTs 2 Surakarta  yang kemampuannya dalam menceritakan kembali materi yang diterima dan disampaian oleh guru  melalui pendengaran (mendengarkan) termasuk kriteria rendah atau sangat kurang. Oleh sebab itu peneliti sebagai salah satu guru Mapel Bahasa Inggris   di sekolah tersebut bekerjasama dengan guru Bahasa Inggris  lain sebagai teman sejawat/kolabolator berusaha untuk meningkatkan kemampuan bercerita pada anak, salah satunya melalui penggunaan media audio visual.


Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah  PTK, yaitu penelitian yang dilakukan oleh guru di kelas dengan penekanan pada penyempurnaan atau peningkatan pemahaman materi tertentu, yaitu kemampuan bercerita pada peserta didik. Subjek penelitian adalah  peserta didik kelas IX-A1 yang berjumlah 28 anak, dengan teknik pengumpulan data: dokumentasi, pemberian tugas, dan observasi. Adapun teknik analisis data digunakan analisis deskriptif persentase (DP), dengan cara membandingkan hasil tindakan pada setiap siklus dengan indikator keberhasilan yang telah ditetapkan. 


Hasil penelitian diperoleh simpulan bahwa pembelajaran Bahasa Inggris dengan penggunaan pendekatan story telling melalui media audio visual dapat meningkatkan kemampuan listening pada peserta didik. Hal tersebut didukung perolehan nilai rata-rata yang diperoleh  pada siklus II  dalam kemampuan listening termasuk kriteria tinggi. Rincian peningkatan tersebut dimulai dari proses pembelajaran  pada Mata Pelajaran Bahasa Inggris dengan pendekatan story telling melalui media audio visual dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik.  Kondisi ini ditunjukkan dengan peningkatan persentase hasil belajar dengan kategori sangat baik sebesar 2,5% dari 12,5% pada siklus I menjadi 15% pada siklus II dan peningkatan kategori baik sebesar 17,5% dari 37,5% pada siklus I menjadi 55% pada siklus II.


 


Kata kunci: kemampuan lestening, story telling, audio visual. 

Published
2021-09-07
How to Cite
INDIANI S., Savri. Model Pembelajaran Class Zoom Dalam Peningkatan Kemampuan Lestening Pada Mapel Bahasa Inggris Melalui Media Audio Visual Dengan Pendekatan Story Telling Bagi Peserta Didik kelas IX-A1 MTs 2 SURAKARTA. Pawiyatan, [S.l.], v. 28, n. 02, p. 88 - 101, sep. 2021. ISSN 2721-4702. Available at: <https://e-journal.ivet.ac.id/index.php/pawiyatan/article/view/1827>. Date accessed: 08 feb. 2025.
Section
Articles