Pengaruh Game Online Terhadap Perubahan Perilaku Siswa MTs DARUL MA’ARIF Pringapus
Abstract
Pada dasarnya game online digunakan sebagai media hiburan untuk merilekskan diri dan mengusir kepenatan setelah melakukan aktivitas sehari-hari. Namun pada kenyataannya, game onlinei membuat individu-individu menjadi kecanduan karena intensitas bermain game yang tinggi. Bahkan penggunaan game online secara berlebihan tentu membawa dampak yang negatif. Dengan demikian tujuan penelitian adalah untuk mengetahui adakah pengaruh game online terhadap perubahan perilaku siswa.
Jenis penelitian digunakan pendekatan kuantitatif dengan subjek adalah seluruh peserta didik atau siswa MTs Darul Ma’arif Pringapus sejumlah 214 anak, namun karena jumlah tersebut terlalu besar sehingga penelitian dilakukan secara sampel. Dengan penggunaan rumus Slovin ditemukan sampel sebanyak 68 anak melalui teknik random sampling. Teknik pengumpulan data digunakan angket dan observasi. Data yang diperoleh di analisis dengan uji regresi linier, namun sebelumnya telah dilakukan uji instrument, meliputi uji: uji validitas, uji realibilitas, uji normalitas, uji homogenitas, dan uji linieritas.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengaruh game online berpengaruh negatif terhadap perubahan perilaku siswa MTs Darul Ma’arif Pringapus. Diketahui confidence interval sebesar 90% atau ? = 0,1 dengan persamaan regresi linier sederhana Y = Y = 65,170 - 0, 330 X yang artinya setiap kenaikan satu variabel X (game online), maka akan diikuti oleh peningkatan nilai variabel Y (perubahan perilaku) sebesar -0,330 dengan konstanta 65,170. Sehingga pengaruh game online terhadap perubahan perilaku siswa sebesar 13.2%.
Kata kunci : Game online, perilaku anak.