Meningkatkan Motivasi Belajar Melalui Kegiatan Kolase Pada Anak Kelompok B TK PERTIWI II Pringsurat Kabupaten Temanggung

  • Saptiti C Hestiningrum TK Pertiwi II Pringsurat

Abstract

Motivasi belajar merupakan suatu dorongan pada anak untuk belajar, sehingga diharapkan dapat membantu stimulus pertumbuhan dan perkembangan  secara optimal. Permasalah yang terjadi di Kelompok B TK Pertiwi II Pringsurat adalah rendahnya motivasi belajar anak sehingga hasil belajar anak belum  optimal. Pada peningkatan motivasi belajar anak dibutuhkan metode pembelajaran yang menarik dan melibatkan anak secara langsung untuk bereksplorasi, salah satunya melalui kegiatan kolase dengan berbagai media. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan kegiatan kolase dan besarnya peningkatan motivasi belajar anak setelah dilakukan tindakan perbaikan pembelajaran dengan kegiatan kolase tersebut pada anak. 


Subyek penelitian adalah peserta didik Kelompok B TK Pertiwi II Pringsurat yang berjumlah 16 anak pada semerter genap tahun pelajaran 2017/2018.  Penelitian dilaksanakan bulan Mei 2018 dengan metode pengumpulan data observasi, dokumentasi, dan wawancara. Sedangklan analisis data digunakan teknik deskriptif persentase.


Hasil penelitian  diperoleh simpulan bahwa motivasi belajar anak mengalami peningkatan setelah diberikan tindakan melalui kegiatan kolase dengan penggunaan  bahan kertas lipat, kapas, biji kacang hijau, biji kedelai, dan biji jagung yang memberikan kebebasan anak untuk bereksplorasi sesuai dengan kondisi lingkungan, memilih bahan dan warna yang cocok dan menarik, bebas menggunting, menyobek, memotong dan menggulung bahan sesuai keinginannya serta penggunaan  alat yang disediakan sesuai dengan kebutuhan anak. Hasil tersebut diketahui dari hasil survey pra siklus sebesar 18,75%, pada siklus I diperoleh skor sebesar 35,50%, dan tindakan pada siklus II diperoleh skor 62,50% dengan kriteria berkembang sesuai harapan. 


 


Kata kunci: motivasi belajar, kolase.

Published
2022-06-25
How to Cite
HESTININGRUM, Saptiti C. Meningkatkan Motivasi Belajar Melalui Kegiatan Kolase Pada Anak Kelompok B TK PERTIWI II Pringsurat Kabupaten Temanggung. Pawiyatan, [S.l.], v. 29, n. 02, p. 1 - 8, june 2022. ISSN 2721-4702. Available at: <https://e-journal.ivet.ac.id/index.php/pawiyatan/article/view/2157>. Date accessed: 20 apr. 2024. doi: https://doi.org/10.31331/pawiyatan.v29i02.2157.
Section
Articles