Peran Bauran Pemasaran (Marketing Mix) Umkm Produk Torakur Dan Dodol Tomat di Desa Kenteng Bandungan Kabupaten Semarang
Abstract
Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui peran bauran pemasaran (marketing mix) yang dilakukan UMKM Torakur untuk produk Torakur dan Dodol Tomat yang mencakup 4P yaitu: produk, harga, promosi, dan tempat untuk meningkatkan penjualan produk. Penelitian ini digunakan desain sebagai penelitian kualitatif dengan penggunan teknik pengumpulan data observasi, wawancara, dan dokumentasi. Setelah data terkumpul kemudian dianalisis dengan teknik analisis interaktif, meliputi: pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan simpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa: 1) produk yang ada sudah baik sesuai dengan standar meliputi merk, kualitas, ukuran dan kemasaan; 2) harga yang diterapkan sangat terjangkau oleh masyarakat; 3) promosi yang dilakukan melalui periklan, personal selling, dan pemasaran langsung; dan 4) tempat untuk UMKM Torakur sangat strategis yaitu melalui saluran distribusi yang dilakukan distrubsi secara langsung dan saluran distribusi tidak langsung.
Kata kunci : bauran pemasaran, UMKM Torakur