Pengaruh Pembelajaran Berbasis Proyek Menggunakan Media Google Formulir Terhadap Motivasi Belajar Siswa Pada Materi Reproduksi Vegetatif Buatan

  • Diah Nugraheni Universitas IVET
  • Dyah Setyaningrum Winarni Universitas IVET
  • M. Sholahuddin

Abstract

Metode dan media pembelajaran adalah salah satu penunjang meningkatnya hasil belajar peserta didik utamanya pada pembelajaran daring di masa Pandemi Covid-19. Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam membutuhkan metode dan media yang efektif dimana tidak hanya teori yang di sampaikan akan tetapi praktik dan eksperimen di lakukan oleh peserta didik. Salah satu metode pembelajaran yang efektif dalam pembelajaran IPA adalah pembelajaran berbasis proyek dimana peserta didik dituntut untuk mengamati, membaca, meneliti kemudian diminta untuk membuat laporan dalam bentuk makalah terutama dalam masa pandemi yang mewajibkan pembelajaran berjalan secara daring. Untuk menunjang tercapainya hasil belajar dalam pembelajaran daring, digunakan media google formulir yang dapat membantu siswa dalam membuat dan mengumpulkan laporan dari proyek yang dikerjakannya. Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pembelajaran berbasis proyek menggunakan media google formulir terhadap peningkatan hasil belajar siswa. Jenis penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan metode studi korelasi dengan jumlah responden 30 peserta didik. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuesioner dan tes. Adapun metode analisis data yang digunakan menggunakan kaidah analisis korelasi. Dari hasil uji regresi linier menunjukkan Fhitung sebesar 5,505 dan lebih besar dari Ftabel (4,13) maka Ha diterima dan H0 ditolak. Jadi, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh pembelajaran berbasis proyek menggunakan media google formulir terhadap peningkatan hasil belajar siswa.


 


Kata kunci: hasil belajar, media google formulir, pembelajaran berbasis proyek.

Published
2023-01-30
How to Cite
NUGRAHENI, Diah; WINARNI, Dyah Setyaningrum; SHOLAHUDDIN, M.. Pengaruh Pembelajaran Berbasis Proyek Menggunakan Media Google Formulir Terhadap Motivasi Belajar Siswa Pada Materi Reproduksi Vegetatif Buatan. Pawiyatan, [S.l.], v. 30, n. 01, p. 9 - 17, jan. 2023. ISSN 2721-4702. Available at: <https://e-journal.ivet.ac.id/index.php/pawiyatan/article/view/2442>. Date accessed: 29 feb. 2024. doi: https://doi.org/10.31331/pawiyatan.v30i01.2442.
Section
Articles