Strategi Pemasaran Destinasi Wisata Omah Pang Kelurahan Nongkosawit Kecamatan Gunungpati Kota Semarang

  • Sri Widayati Universitas IVET
  • Kasidi Kasidi
  • Sri Dewi

Abstract

Kota Semarang sebagai Ibukota Provinsi Jawa Tengah memiliki beragam desinasi wisata. Wisata Omah Pang merupakan salah satu destinasi wisata yang berada di Kota Semarang khususnya  di Desa Wisata Nongkosawit. Omah Pang sebagai wisata Unggulan di desa Nongkosawit. Tujuan penelitian ini untuk (1) Mengetahui strategi pemasaran destinasi wisata omah (2) Mengetahui analisis SWOT terhadap strategi pemasaran destinasi wisata omah pang (3) Mengetahui kendala dan solusi yang di hadapi  destinasi wisata omah pang. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Metode yang digunakan dalam pengumpulan data meliputi: Observasi, Wawancara, Dokumentasi dan Triangulasi. Subjek penelitian ini adalah Pengelola wisata Omah Pang, Anggota Pokdarwis Nongkosawit, Masyarakat dan Pengunjung. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa strategi pemasaran yang dilakukan oleh wisata omah pang melalui media social seperti youtobe, facebook, instragram dan lain sebagainya, akan tetapi rendahnya partisipasi masyarakat dalam perkembangan wisata belum tercapai. Maka kesimpulannya adalah strategi pemasaran di wisata omah pang harus mampu mengoptimalkan dukungan masyarakat sekitar maupun masyarakat luar seperti membuat event-event budaya agar dapat di kenal luas oleh masyarakat dan meningkatkan jumlah wisatawan.


 


Kata Kunci: Strategi Pemasaran, Destinasi Wisata Omah Pang


 

Published
2023-01-30
How to Cite
WIDAYATI, Sri; KASIDI, Kasidi; DEWI, Sri. Strategi Pemasaran Destinasi Wisata Omah Pang Kelurahan Nongkosawit Kecamatan Gunungpati Kota Semarang. Pawiyatan, [S.l.], v. 30, n. 01, p. 25 - 29, jan. 2023. ISSN 2721-4702. Available at: <https://e-journal.ivet.ac.id/index.php/pawiyatan/article/view/2444>. Date accessed: 29 feb. 2024. doi: https://doi.org/10.31331/pawiyatan.v30i01.2444.
Section
Articles