Pemahaman Pengertian Kreativitas, Inovasi Kewirausahaan Dan Strategi Pemasaran Untuk Meningkatkan Kinerja Perusahaan
Studi UKM Batik di Kabupaten Grobogan
Abstract
Saat ini di pedesaan telah tumbuh berbagai macam bentuk kegiatan usaha mewujudkan kemandirian bangsa melalui penciptaan kerja dan pemberdayaan UKM (Usaha Kecil dan Menengah). Di antaranya yang saat ini ada adalah usaha kerajinan batik yang hampir setiap daerah bermunculan. Usaha tersebut masih dilakukan dengan menonjolkan kekhasan daerahnya masing-masing, termasuk kerajinan batik yang ada di daerah Kabupaten Grobogan. Mereka belum bisa memenuhi permintaan sesuai dengan kebutuhan pasar, dan masih memenuhi pasar daerah masing-masing. Penelitian ini dilakukan di Kabupaten Grobogan yang terdiri dari 23 Kecamatan. Dari 23 Kecamatan sebagian besar mereka memiliki usaha batik. Sesuai pendekatan penelitian yang digunakan yaitu dengan pendekatan kuantitatif dan berdasarkan data yang dikumpulkan dalam penelitian ini, maka teknik yang dipergunakan dalam pengumpulan data adalah sebagai berikut: (1) Dengan kuesioner, (2) Dokumentasi yang dimiliki oleh Dinas Koperasi dan Dinas Perdagangan serta para pengraji, (3) Wawancara, dan (4) Obaservasi. Hasil analisis secara parsial di antara variabel-variabel bebas (X1, X2 dan X3) terhadap vaviabel terikat (Y) dapat dijelaskan bahwa pemahaman pengertian kreativitas tidak berpengaruh dan tidak signifikan terhadap kinerja perusahaan, sedangkan untuk pemahaman inovasi dan pemahaman strategi pemasaean mempunyai pengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja perusahaan. Koefisien determination (Adjusted R Square) sebesar 93,90 atau 93,90%. Ini berarti bahwa pengaruh antara X1, X2 dan X3 secara simultan terhadap Y adalah sebesar 93,90%, sedangkan sisanya 6,10% dipengaruhi oleh faktor-faktor lain yang tidak termasuk dalam penelitian ini. Atau dapat diartikan pula bahwa kinerja perusahaan itu 93,90% dipengaruhi oleh pemahaman pengertian tentang kreativitas, inovasi dan strategi pemasaran. Sedangkan hanya 6,10 % kinerja peusahaan itu yang dipengaruhi oleh fakto lain yang tidak termasuk dalam penelitian ini. Faktor lain yang tidak termasuk dalam penelitian ini ada kemungkinan di antaranya berupa selera konsumen, harga dan lain-lain.