VARIASI ECU DAN THROTTLE BODY TERHADAP PERFORMA (TORSI DAN DAYA) MESIN SEPEDA MOTOR HONDA VARIO 150 DENGAN SISTEM PROGRAMMED FUEL INJECTION
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah (1) Mengetahui pengaruh variasi Throttle Body dan ECU terhadap torsi dan daya (2) Mengetahui seberapa besar peningkatan torsi dan daya mesin pada variasi Throttle Body dan ECU.
Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian Kuantitatif jenis Eksperimen untuk mengungkap berbagai informasi yang ada tentang efektifitas penggunaan variasi-variasi penggantian throttle body dan ECU. Penelitian ini dilaksanakan di Bengkel AR Speed Ungaran. Sampel yang digunakan pada penelitian ini adalah sepeda motor Honda Vario 150 cc dipengaruhi oleh variasi Throttle Body dan ECU.
Hasil penelitian : (1)(a) perbandingan torsi antara penggunaan Throttle body 32 mm dan ECU. Putaran 1500, 3000, 4500, 6000 dan 7500 masing-masing di rata-rata menghasilkan 1.5, 1.9, 3.1, 4.8, 7,1 N.m. (a) perbandingan daya antara penggunaan Throttle body 32 mm dan ECU. Putaran 1500, 3000, 4500, 6000 dan 7500 masing-masing di rata-rata menghasilkan 7.0, 8.2, 9.6, 10, 10.5 HP. (2) Penurunan torsi terjadi pada penggunaan throttle body 32 mm dan ECU pada putaran 1500, 3000, 4500, 6000, dan 7500 rpm dengan penurunan torsi sebesar 1,3%, 1,8%, 2,8%, 3,4% dan 3,7% dari torsi yang dihasilkan penggunaan throttle body 26 mm dan ECU standard, torsi tertinggi terdapat pada putaran 1500, 3000, 4500, 6000 dan 7500 rpm dan torsi yang dihasilkan 10,8 N.m. Sedangkan peningkatan daya pada penggunaan throttle body 32 mm dan ECU dengan peningkatan daya sebesar 4,7%, 5%, 3,2%, 1,6% dan 1,2% dari daya yang dihasilkan menggunakan throttle body 26 mm dan ECU standard, daya tertinggi terdapat pada putaran 7500 rpm dan daya yang dihasilkan sebesar 10,5 HP.
References
[2] Arismunandar, W., Penggerak Mula Motor Bakar Torak. Bandung: ITB, 2005.
[3] Bintang Racing Team, Pedoman ECU BRT Juken 5+ Dualband. http://www.bintangracingteam.com.
[4] Fahmi, F, dan Yuniarto, M, N., “Perancangan dan Unjuk Kerja Engine Control Unit (ECU) iquteche pada motor Yamaha vixion”, Jurnal Teknik POMITS. Vol 1/1.1-6, 2013.
[5] Fatra, F., Mahendra, S., & Setiawan, I., “Analisis Re-Mapping ECU Terhadap Performa Mesin Sepeda Motor Injeksi 4 Tak 150cc” Jurnal Taman Vokasi, 11(1), 2023.
[6] Hamada, K.L, dan Rahman, M.M., ”An Experimental Study For Performance and Emissions of A Small Four-Stroke Si Engine For Motorcycle”. International Journal Of Automotif and Mechanical Engineering. Vol 10 pp.1852-1865, 2014.
[7] Handoko, D. D., Zulfika, D. N., & Dyah, A. I. “PENGARUH PERBANDINGAN INJEKTOR STANDART DAN INJEKTOR RACING BRT TERHADAP PERFORMA MESIN HONDA ADV 150 CC”, IN SEMINAR NASIONAL FAKULTAS TEKNIK (Vol. 1, No. 1, pp. 61-67). (2022, September).
[8] Heywood, J.B., Internal Combustion Engine Fundamentals. New York: Mc-Graw-Hill, 1988.
[9] Insinyoer., Prinsip Kerja Engine Control Unit (ECU), 2015 [Online] Available at: http://www.insinyoer.com/prinsip-kerja-engine-control-unit-ecu/.
[10] KCC Depok., Apa itu ECU (Engine Control Unit), 2014 [Online] Available at:http://kcc-depok.blogspot.co.id/2014/12/apa-itu-ecu-engine-control-unit_8.html.
[11] Khaufanulloh, R, H. Kosjoko. dan Andik, I., “Karateristik Performa Motor Bensin PGMFI (PROGRAMMED FUEL INJECTION) Silinder Tunggal 110 cc Dengan Variasi Mapping Pengapian Terhadap Emisi Gas Buang”, Jurnal Teknik Mesin. Jember. Universitas Muhammadiyah Jember, 2015.
[12] Kristanto, P., Motor Bakar Torak (Teori dan Aplikasinya). Yogyakarta: Andi Offset, 2015.
[13] Tirtayasa, A. 2014. Sensor pada Mesin Eletronict Fuel Injection (EFI). [Online] Available at: http://mobikorea.blogspot.co.id/2014/12/ sensor-pada-mesin-eletronict-fuel.html.
[14] Tristianto, V. Paryono. dan Sumarli, “Pengaruh Pengunaan Injector Vixion dan ECU Racing Pada sepeda Motor Yamaha Mio J Terhadap Daya Motor”, Jurnal Teknik Mesin. Vol.1 NO.2 Hal 1-10, 2016.