Pembelajaran Gerak Lokomotor Sebagai Upaya Mengembangkan Motorik Kasar Anak Down Syndrome SD Inklusif Galuh Hadayani Surabaya

  • krisnina maharani Universitas Nahdlatul Ulama' Surabaya
  • Sunanto sunanto Universitas Nahdlatul Ulama' Surabaya
  • Muslimin Ibrahim Universitas Nahdlatul Ulama' Surabaya
  • Asmaul Lutfauziah

Abstract

Latar belakang Salah satu pendekatan yang efektif adalah dengan fokus pada pembelajaran gerak lokomotor. Melalui pendidikan jasmani, siswa dengan Down syndrome dapat memperoleh manfaat dari aktivitas fisik yang sesuai dan terstruktur, yang membantu meningkatkan koordinasi, kekuatan, dan kemampuan motorik kasar mereka.Tujuan Penelitian ini dilakukan untuk menganalisis kemampuan motorik kasar anak Down syndrome melalui pembelajaran gerak lokomotor.Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif, dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Penelitian ini difokuskan pada 3 siswa dengan Down syndrome di kelas 2 SD Galuh Handayani Surabaya.Hasil penelitian bahwa ketiga siswa menunjukkan antusiasme tinggi dan keterampilan yang baik dalam setiap gerakan yang diajarkan dalam kategori baik. Simpulan menunjukkan antusiasme tinggi dan keterampilan yang baik dalam setiap gerakan yang diajarkan dalam kategori baik.

References

Ekawati, Febriani Fajar, Ismaryati Ismaryati, Tri Winarti Rahayu, dan Bambang Wijanarko. 2021. “Meningkatkan Profesionalisme Guru Slb Melalui Pendampingan Permainan Adaptif Keterampilan Gerak Dasar Anak Berkebutuhan Khusus.” Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat 27(1): 28.
Elyana, L. 2017 . Kurikulum Holistik Integratif Anak Usia Dini Dalam Implementasi Self Regulated Learning. Prosiding HIPKIN Jateng.
Mustafa, Pinton Setya, dan Sugiharto Sugiharto. 2020. “Keterampilan Motorik Pada Pendidikan Jasmani Meningkatkan Pembelajaran Gerak Seumur Hidup.” Sporta Saintika 5(2): 199–218.
Saputra, Muhammad Wahyu, dan Kamal Firdaus. 2019. “Hubungan Keterampilan Gerak Dasar Lokomotor dengan Hasil Belajar Penjasorkes.” Jurnal Pendidikan Olahraga 2(8): 14–20.
Simahate, Salpina, dan Abdul Munip. 2020. “Latihan Gerak Lokomotor Sebagai Upaya Mengembangkan Motorik Kasar Anak Down Syndrome.” ThufuLA: Jurnal Inovasi Pendidikan Guru Raudhatul Athfal 8(2): 236.
Sunanto, Nanang Rokhman Saleh, dan Machmudah. 2020. “Profil Kemampuan Motorik Siswa Peserta Ekstrakulikuler Hockey Ruangan Sd Negeri Wonokasian Wonoayu Sidoarjo.” Jurnal Kejaora (Kesehatan Jasmani dan Olah Raga) 5(2): 26–35.
Yuniar, Sinta Tiara, dan Hambali Burhan Nuryadi. 2023. “Analisis Gerak Lokomotor Siswa Sekolah Dasar Tinggi Pada Masa Pandemi Covid-19.” Jurnal Pendidikan Olahraga 6: 50–56. https://ojs.uniska-bjm.ac.id/index.php/riyadhohjurnal ISSN. 2656-2936.
Published
2024-10-29
How to Cite
MAHARANI, krisnina et al. Pembelajaran Gerak Lokomotor Sebagai Upaya Mengembangkan Motorik Kasar Anak Down Syndrome SD Inklusif Galuh Hadayani Surabaya. Sentra Cendekia, [S.l.], v. 5, n. 3, p. 86-91, oct. 2024. ISSN 2722-3094. Available at: <https://e-journal.ivet.ac.id/index.php/Jsc/article/view/3342>. Date accessed: 03 dec. 2024. doi: https://doi.org/10.31331/sencenivet.v5i3.3342.
Section
Articles