Upaya Meningkatkan Literasi Anak dengan Menggunakan Media Scrapbook
-
Abstract
Upaya untuk meningkatkan literasi anak dibutuhkan media yang mampu merangsang anak untuk berinisiatif dan aktif. Media scrapbook yang dapat memicu anak berinisiatif dan semangat berliterasi. Permasalahan yang terjadi rendahnya kemampuan literasi prabaca pada anak usia dini seperti belum mengenal beberapa huruf dan dalam menyusun hurup. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan model Kemmis dan Mc Taggart memfokuskan pembelajaran secara terus menerus di setiap siklus. Instrumennya tes dan observasi. Subjeknya anak 5-6 tahun kelas A TK Plus Bina Insani. Hasil analisis data bahwa dengan kerjasama guru dalam berkinerja dalam media scrapbook dapat meningkatkan literasi anak. Mengenal huruf: Siklus I dengan 19%, (MB) 45,41%, (BSH) 45,40%, dan (BSB) 0%. Siklus II (BB) 0%, (MB) 9,09%, (BSH) 72,72% dan (BSB) 18,19%. Siklus III (BB) 0%, (MB) 0%, (BSH) 45,44% dan (BSB) 54,56%. Menyebutan huruf: Siklus I (BB) 18,18%, (MB) sebesar 18,18%, (BSH) 63,64%, dan (BSB) 0%. Siklus II (BB) 0%, (MB) 27,27%, (BSH) 72,76% dan (BSB) 0%. Siklus III (BB) 0%, (MB) 0%, (BSH) 90,9% dan (BSB) 9,1%. Menyusun huruf: Siklus I (BB) 27,27%, (MB) 63,63%, (BSH) 9,1%, dan (BSB) 0%. Siklus II (BB) 9,09%, (MB) 45,45 (BSH) 36,36% dan (BSB) 9,09%. Siklus III (BB) 0%, (MB) 27,27%, (BSH) 36,36% dan (BSB) sebesar 36,37%.
Kata kunci : Literasi anak, media scrapbook, aktivitas belajar
References
Arifah, Z. (2018). “Penguatan Budaya Literasi pada Anak Usia Dini Melalui Gernas Baku”. Jurnal Citra Ilmu Edisi 27 Vol. 4
Denok, M., & Hardiyanti, D. (2022). Penerapan Pendidikan Karakter Melalui Kegiatan Seni Di Lembaga Paud. Sentra Cendekia, 3(3), 94. https://doi.org/10.31331/sencenivet.v3i3.2275
Elyana, L., & Samta, S.R. 2023. Manajemen Edukasi Media Digital Anak Usia Dini Bagi Orangtua. Journal of Research and Development Early Childhood Vol 1 No 2
Hardiana, I. (2015). Terampil Membuat 50 Kreasi Scrapbook Cantik Pada Frame. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.
Idayana Sinaga, S., & Rizki Intan, F. (2023). Implementasi Pengembangan Bahasa Inggris Anak melalui Media Tebak Gambar “Siapa Aku” Anak Usia Dini. Murhum?: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 677–687. https://doi.org/10.37985/murhum.v4i2.361
Ika Febrian Kristiana, C. G. W. (2021). Buku ajar psikologi anak berkebutuhan khusus 1. 1–110.
Mahardika, E. K. T. S. N. K. A. & M. A. P. (2023). Strategi Literasi Budaya Anak Usia Dini melalui Pengembangan Game Edukatif. Murhum: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2). https://doi.org/https://doi.org/20.37985/murhum.v4i2.287
Meidiyanti, P. (2017). Pengembangan Media Scrapbook Subtema Komponen Ekosistem Untuk kelas V Sekolah Dasar, Malang: Skripsi diterbitkan.
Putri, A. D. R., Aprilia, S., Rosita, Y. (2024). .Student Perception of the Function of English as a Tool of Communication. Journal of Linguistics and Applied Linguistics, 2.
Ratno, Ratno; Kusbiantari, D. (2021). Improving Children Verbal Language Competence Through Story Telling Used Visual Audio Media. ThufuLA: Jurnal Inovasi Pendidikan Guru Raudhatul Athfal, 9(1), 1. https://doi.org/10.21043/thufula.v9i1.8781
Retnaningrum, W. & Lathifah, I. (2020). Penggunaan Media Kartu Huruf Untuk Meningkatkan Kemampuan Mengenal Huruf Anak Usia Dini. Jurnal Warna, 4(1)
Sarinastitin, E. (2019). Pendidikan Holistik Integratif Untuk Pembentukan Karakter Anak Usia Dini. Jurnal Lonto Leok Pendidikan Anak Usia Dini, 2(1), 95–102.
Suwandi, S. (2019). Pendidikan Literasi Membangun Budaya Belajar, Profesionalisme Pendidik, dan Budaya Kewirausahaan untuk Mewujudkan Marwah Bangsa. Bandung : PT Remaja Rosdakarya
Uce, L. (2017). The golden age: Masa efektif merancang kualitas anak. Bunayya: Jurnal Pendidikan Anak, 77–92.
Zein, S., Sukyadi, D., Hamied, F. A., & Lengkanawati, N. S. (2020). English language education in Indonesia: A review of research (2011-2019). Language Teaching, 53(4), 491–523. https://doi.org/10.1017/S0261444820000208