Peningkatan Kemampuan Mengenal Bilangan Melalui Permainan Pukul Botol Pada Usia 4-5 Tahun Di Paudqu Al Ikhlas Karangrejo
Abstract
Peningkatan kemampuan mengenal bilangan pada anak di PAUDQU Al Ikhlas pada umumnya belum mencapai harapan. Tujuan penelitian ini yaitu: Untuk mengetahui bagaimana meningkatkan kemampuan mengenal bilangan pada anak melalui permainan puluk botol, dan Untuk menganalisis peningkatan kemampuan mengenal bilangan pada anak melalui permainan pukul botol di Lembaga PAUDQU Al Ikhlas Karangrejo Grobogan. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode penelitian tindakan kelas, dengan teknik pengambilan data observasi dan wawancara. Data yang diperoleh dianalisis dengan teknik perbandingan prosentase antar siklus. Hasil penelitian pada pra siklus terdapat ketuntasan sebesar 35%, siklus 1 sebesar 75% dan pada siklus 2 menjadi 89%, sehingga terjadi peningkatan dari pra siklus ke siklus 2 sebesar 54%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa permainan pukul botol angka dapat meningkatkan kemampuan mengenal bilangan pada anak.
References
Ahyani, Z, Apriliana V., Ashidiqiyah, A., Elyana, L. 2024. Peningkatan Literasi Awal mellaui media tutup botol beaks untuk anak usia 4-5 tahun di TK Aisyiyah Bustanul Athfal Trayeman Slawi Tegal. Sentra Cendekia. Vol 5 No 1 (2024). https://doi.org/10.31331/sencenivet.v5i1.3109
Alfiyatul Jannah, Lily. 2019, Kesalahan-Kesalahan Guru PAUD yang Sering dianggap Sepele, (Jogjakarta: Diva Press), h. 86
Andriyani, dkk. 2019. Penerapan Metode Demonstrasi Berbantuan Media Dadu untuk Meningkatkan Kemampuan Mengenal Mengenal lambang bilangan pada Anak Di TK Widya Suta Kerti Sulanyah. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini. Vol 1 (1): hal 1-12
Anindi, Yunita Ayu & Marini. Peningkatan Kemampuan Kognitif Dalam Mengenal Angka 1-20 Melalui Permainan Jepit Hutan Pada Kelompok B Di TK Muslimat NU Bonang Demak. Centra Cendekia. Vol 3 (3) 2022. https://e-journal.ivet.ac.id/index.php/Jsc/article/view/2259/1661
Depdiknas, 2020. Permainan berhitung di Taman kanak-kanak. Jakarta.
Hayatie, M., Cucu Atikah, Fadlullah. 2021. Penggunaan Game Edukasi Pada Pembelajaran AktifUntuk Menstimulasi Kecakapan Hidup Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran Vol. 8. No.2
Kusnandar. 2018. Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas Sebagai Pengembangan Profesi Guru. Jakarta: PT Rajagrasindo Persada.
Marini, M., Murnaka, N. P., & Kusbiantari, D. (2023). Analisis Permainan Petak Umpet dalam Meningkatkan Kemampuan Matematika pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(1), 1245-1255. https://mail.obsesi.or.id/index.php/obsesi/article/view/3478
Mukhtar, Latif. 2019, Orientasi Baru Pendidikan Anak Usia Dini Teori dan Aplikasi, (Jakarta: Kencana), h. 154
Nursidik (2022), “Implementasi Media Tutup Botol Dalam Meningkatkan Kemampuan Berhitung di RA Al Khufadz Pegiringan.
Raihana, dkk., 2023. Perkembangan kognitif Anak Usia Dini Dipengaruhi Oleh Permainan konstruktif dan percobaan sains. Jurnal alwady. Vol 9, No.1.
Sujiono, Yuliani Nurani, dkk. 2020. Metode Pengembangan Kognitif. Jakarta:Universitas Terbuka Departemen Pendidikan Nasional
Tukiran, Taniredja dkk. 2018, Penelitian Tindakan Kelas untuk Pengembangan Profesi Guru Praktik, Praktis, dan Mudah, (Bandung: Alfabeta), h. 16
Wahid, A., Samta, S.R. (2022). Permainan Tradisional Dakon sebagai Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Kecerdasan Matematika Anak Usia Dini. Sentra Cendekia. Vol 3 No 2 https://doi.org/10.31331/sencenivet.v3i2.2148
Zahwa (2018). Peran Guru Dalam Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Dasar, 4(1), 41–47
Zainal, Aqib, dkk.2018. Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: CV Yrama Widya.
Zumrotun (2020), “Media Pembelajaran Tutup Botol Pintar Matematika Meningkatkan Hasil Belajar Matematika.