Aktifitas Home Reading Sebagai Upaya Mewujudkan Capaian Pembelajran Literasi Dasar Pada Anak Usia 4-6 Tahun

  • Luluk Elyana Prodi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas IVET, Indonesia
  • Ratno Ratno Prodi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas IVET, Indonesia
  • Soraya Rosna Samta Prodi Pendidikan Jarak Jauh Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas IVET, Indonesia

Abstract

Literasi merupakan bagian penting pada Capaian Pembelajaran Anak Usia Dini fase Fondasi dimana disebutkan pada sub elemen  bahwa anak memiliki kemampuan literasi dasar, anak menunjukkan minat, kegemaran, dan berpartisipasi dalam kegiatan pramembaca dan pramenulis. Capaian pembelajaran merupakan hasil akhir yang akan di raih anak selama menempuh fasenya. Dari beberapa survey di sekolah menunjukkan bahwa kegiatan literasi masih sebatas pengenalan huruf (47%), hanya sebatas buku bacaan (36%) mulai mengenal home reading (20%). Home reading adalah kegiatan membacakan buku cerita untuk anak oleh para orang tua atau pengasuhnya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui capaian literasi dasar pada anak usia 4 -6 tahun melalui aktivitas reading atau membaca. Subyek penelitian adalah anak usia 4 – 6 tahun. Metode pada penelitian ini adalah systematic literature review. Kebaruan penelitian ini adalah pelibatan orang tua sebagai mitra terbaik sekolah dalam meningkatkan kemampuan literasi dasar anak usia 4 – 6 tahun melalui membacakan buku cerita di rumah.

References

BSKAP, (2024) Capaian Pembelajaran Anak Usia Dini, Kemdikbudristek : Jakarta
Dethorne, L. S. (2015). Rethinking environmental influences on child language development. Journal of Communication Disorders, 57, 1–2. https://doi.org/10.1016/j.jcomdis.2015.09.002
Elyana, L., Utanto, Y., & Maretta, Y. A. (2022). Early Childhood Nutrition Education Service Model for the Community in the Pandemic Era. Open Access Macedonian Journal of Medical Sciences, 10(E), 576-580.
Elyana, L. (2020). Manajemen Parenting Class Melalui Media E-Learning. Sentra Cendekia, 1(1), 29-35.
Elyana, L. (2021). New Paradigm Curriculum of Early Childhood Education. Hipkinjateng. Org, 4 (2), 81–86.
Grindal, T., Bowne, J. B., Yoshikawa, H., Schindler, H. S., Duncan, G. J., Magnuson, K., & Shonkoff, J. P. (2016). The added impact of parenting education in early childhood education programs: A meta-analysis. Children and Youth Services Review, 70, 238-249.
Hapsari dkk (2024). Perencanaan Berbasis Data. Dit KSPSTK : Jakarta
Samta, S. R., Utami, L., & Mulyani, L. (2024). Korelasi Pola Asuh Orangtua dengan Tumbuh Kembang Gizi Anak Usia Dini. Sentra Cendekia, 5(2), 76-85.
Sumaryanti, Lilis. 2018. “Membudayakan Literasi Anak Usia Dini dengan Metode Mendongeng.” 03(1):117–25.
Published
2024-10-29
How to Cite
ELYANA, Luluk; RATNO, Ratno; SAMTA, Soraya Rosna. Aktifitas Home Reading Sebagai Upaya Mewujudkan Capaian Pembelajran Literasi Dasar Pada Anak Usia 4-6 Tahun. Sentra Cendekia, [S.l.], v. 5, n. 3, p. 121-125, oct. 2024. ISSN 2722-3094. Available at: <https://e-journal.ivet.ac.id/index.php/Jsc/article/view/3543>. Date accessed: 03 dec. 2024. doi: https://doi.org/10.31331/sencenivet.v5i3.3543.
Section
Articles