Pengaruh Sikap Sosial terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VIII pada Mata Pelajaran IPS di SMP Negeri 2 Jati Kudus
Abstract
Masalah rendahnya sikap sosial siswa perlu dilakukan perbaikan melalui pendidikan. Seorang guru tidak hanya dituntut mampu menanamkan aspek pengetahuan saja dalam proses pembelajaran akan tetapi juga menanamkan sikap social agar berdampak baik pada hasil pembelajaran. Diharapkan ada kontribusi pada pembelajaran mata pelajaran IPS yang mengajarkan konsep-konsep esensi ilmu sosial untuk membentuk peserta didik memiliki sikap sosial yang lebih baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh sikap sosial siswa terhadap hasil belajar siswa Mata Pelajaran IPS kelas VIII di SMP Negeri 2 Jati Kudus. Jenis penelitian pendekatan kuantitatif dengan 139 sampel serta metode pengumpulan data menggunakan kuesioner. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) tingkat sikap sosial sebesar 47% cukup baik, (2) hasil belajar Mata Pelajaran IPS sebesar 45% cukup baik, (3) ada pengaruh positif signifikan sikap sosial terhadap hasil belajar Mata Pelajaran IPS, dengan koefisien determinasi (R2) 0,057. Hal ini menunjukkan bahwa 5,7% hasil belajar Mata Pelajaran IPS dipengaruhi oleh sikap sosial, sedangkan 94,3% dipengaruhi oleh faktor lain yang tifak dibahas dalam penelitian.
Downloads
References
Al-Mutawah, M.A., & Fateel, M.J. (2018). Students’ Achievement in Math and Science: How Grit and Attitudes Influence? International Education Studies, 11(2), 97-105. Tersedia pada: http://doi.org/10.5539/ies.v11n2p97. Diakses 1 Maret 20120.
Amponsah, M.O., Milledzi, E.Y., Ampofo, E.T., & Gyambrah M. (2018). Relationship between Parental Involvement and Academic Performance of Senior High School Students: The Case of Ashanti Mampong Municipality of Ghana. American Journal of Educational Research, 6(1), 1-8. Tersedia pada: http://pubs.sciepub.com/education/6/1/1. Diakses 27 Februari 2020.
Anisabellah. 2017. Pengaruh Sikap Sosial Terhadap Prestasi Belajar Mata Pelajaran IPS Siwa Kelas VIII Di MTs AL-Maarif 01 Singosari Malang. Tersedia pada http://etheses.uin-malang.ac.id/9239/1/13130118.pdf (diakses pada 20 Februari 2020).
Armo, A., Jazuli, A., & Tanireja, T. (2019). Hubungan Sikap Sosial Dan Kecerdasan Emosional Terhadap Prestasi Belajar Siswa Sekolah Dasar Di Wilayah Kecamatan Gumelar Di Tinjau Dari Gender. Dinamika Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 11(1), 58-70.
Djaali. 2006. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Erviana, L. 2014. Pengaruh Minat Belajar, Sikap, dan Persepsi Siswa tentang Cara Mengajar Guru terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII pada SMP Negeri di Kabupaten Bulukumba. Tesis Dipublikasikan. (Online). http://eprints.unm.ac.id. Diakses pada 31 Maret 2019.
Hartati, L. 2015. Pengaruh Gaya Belajar dan Sikap Siswa Pada Pelajaran Matematika Terhadap Hasil Belajar Matematika. Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA. (Online), 3(3): 224-235. http://journal.lppmunindra.ac.id. Diakses pada 8 Oktober 2019.
Karim, A. 2015. Pengaruh Gaya Belajar dan Sikap Siswa Pada Pelajaran Matematika Terhadap Kemampuan Berpikir Matematika. Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA. (Online), 4(3): 188-195. http://journal.lppmunindra.ac.id. Diakses pada 8 Oktober 2019.
Khoiri, A., Agussuryani Q., & Hartini, P. (2017). Penumbuhan Karakter Islami melalui Pembelajaran Fisika Berbasis Integrasi Sains-Islam. Tadris: Jurnal Keguruan dan Ilmu Tarbiyah, 2(1), 19-31. Tersedia pada: http://ejournal.radenintan.ac.id/index.php/tadris/article/view/1735. Diakses 1 Desember 2019.
Lestari, Dwi. 2015. Identifikasi Sikap Sosial Siswa Kelas V SD. Tersedia pada http://journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/pgsd/article/view/517/483. (diakses pada 15 Januari 2020) .
Lestari, I. 2013. Pengaruh Waktu Belajar dan Minat belajar terhadap Hasil Belajar Matematika. Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA (Online), 3(2): 115-125. http://journal.lppmunindra.ac.id. Diakses pada 16 Oktober 2019.
Lickona, T. (2016).Character Matters: Bagaimana Membantu Anak Mengembangkan Penilaian yang Baik, Integritas dan Kebajikan Penting Lainnya . Jakarta: Bumi Aksara
Pasek, I. G. S. S., Sudarma, I. K., & Astawan, I. G. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Trikaya Parisudha Berbasis Masalah Terhadap Sikap Sosial Dan Hasil Belajar Ips. Jurnal Pendidikan IPS Indonesia, 3(1), 1-9.
Rahman, Arif. (2018). Hubungan Motivasi dan Sikap Siswa terhadap Prestasi Belajar Matematika Kelas VIII SMP Negeri 1 Wera. Jurnal Pendidikan MIPA, 8(1), 60-66. Tersedia pada: http://jurnal.lppmstkiptsb.ac.id/index.php/jpm/index. Diakses 20 Oktober 2019.
Rufaida, D. 2013. Pengembangan Sikap Sosial Siswa Menggunakan Pendekatan Pakem Pada Pembelajaran IPS Kelas Vb Sd Negeri Mangiran, Kecamatan Srandakan, Kabupaten Bantul. Tersedia pada https://eprints.uny. ac.id /15615/. (diakses tanggal 15 Januari 2020).
Ruhimat, Ibrahim dkk 2016. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers.
Saraswati, N. T., Suwindra, I. N. P., & Mardana, I. B. P. (2019). Hubungan Keterlibatan Orang Tua Dan Sikap Sosial Siswa Dengan Prestasi Belajar Fisika Sma Negeri. Jurnal Pendidikan Fisika Undiksha, 9(1), 43-54.
Sasuk, S. A., Kundthalang, N., & Rakrai, W. (2017). Encouragement of Students’ Learning Achievement and their Attitudes Towards Science Through The STEM Education Instructional Method in Science Class at the 9th Grade Level. European Journal of Education Studies, 3(5), 521-539. Tersedia pada https://oapub.org/edu/index.php/ejes/article/view/687/1934. Diakses 30 November 2019.
Sheldrake, R., Mujtaba, T., & Reiss, M., J. (2017). Students’ Changing Attitudes and Aspirations Towards Physics During Secondary School. Research in Science Education, 17(5), 1-26. Tersedia pada: https:link.springer.com/article/10.1007/s11165-017-9676-5. Diakses 30 November 2019.
Sirajuddin, S., & Arsyad, N. (2019). Pengaruh Sikap Pada Pelajaran Matematika Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa. Pedagogy: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1), 13-19.
Sudarma, I. G. (2018). Hubungan antara Motivasi Belajar dan Sikap Sosial Siswa dengan Prestasi Belajar Fisika Siswa Kelas X MIPA SMA Negeri Se-Kecamatan Banjar pada Tahun Pelajaran 2017/2018. Tugas akhir (tidak diterbitkan). Jurusan Pendidikan Fisika Universitas Pendidikan Ganesha Singaraja.
Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung Alfabeta.
Susanto, A. 2014. Pengembangan Pembelajaran IPS di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Syah, M. (2013). Psikologi Belajar. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Vilia, P.N., Candeias, A.A., Neto,A.S., Maria Da Glória S. Franco, M.D.G.S., & Melo,M. (2017). Academic Achievement in Physics-Chemistry: The Predictive Effect of Attitudes and Reasoning Abilities. Original Research, 8(4), 1-9. Tersedia pada http://frontiersin.org. Diakses 22 Oktober 2019.
Virani, I. A. D., Riastini, I. P. N., & Suarjana, I. M. (2016). Deskripsi Sikap Sosial pada Siswa Kelas IV SD Negeri 4 Penarukan Kecamatan Buleleng Kecamatan Buleleng. e-Journal PGSD Universitas Pendidikan Ganesha, 4(1), 1-11. Tersedia pada https://ejournal. undiksha.ac.id/JJPGSD/article/view/7699. Diakses 30 November 2019.
Wawan, A., dan Dewi, M. 2010. Teori dan Pengukuran Pengetahuan, Sikap, dan Perilaku Manusia. Yogjakarta: Nuha Medika.
Zahara, A., Harun, M. Y., dan Abdi, A. W. (2017). Hubungan Sikap Spiritual dan Sikap Sosial dengan Hasil Belajar IPS Terpadu Siswa Kelas VIII di SMP Negeri 18 di Kota Banda Aceh. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Geografi Unsyiah, 2(3), 1-11. Tersedia pada https://www.neliti.com. Diakses 12 Januari 2019.