Analisis Faktor yang Mempengaruhi Minat Kewirausahaan Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Melalui Mata Kuliah Praktik Kewirausahaan
Abstract
Masalah dalam ketenagakerjaan, sulitnya mencari lapangan kerja, terutama untuk kalangan sarjana membuat kewirausahaan adalah solusi bagi para pencari kerja. Menjadi wirausaha adalah salah satu cara untuk mandiri secara finansial atau minimal dapat membuka peluang kerja untuk orang lain. Minat berwirausaha bagi para mahasiswa sangat diperlukan agar seseorang mau menjadi seorang wirausaha. Minat berwirausaha dapat dipengaruhi oleh tiga hal yaitu faktor eksternal, faktor internal dan adanya mata kuliah praktik kewirausahaan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan informan dari Mahasiswa Universitas Ivet Jurusan Pendidikan Ekonomi angkatan 2020/2021 dengan jumlah informan 18 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan teknik triangulasi, yaitu dengan menggunakan observasi partisipatif, wawancara dan dokumentasi pada pembelajaran mata kuliah praktik kewirausahaan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar mahasiswa tertarik menjadi seorang wirausaha dan mata kuliah praktik kewirausahaan sangat mempengaruhi minat mahasiswa untuk berwirausaha.
Downloads
References
Budi, F. F. (2018). Pengaruh Pendidikan Kewirausahaan dalam Menumbuhkan Minat Berwirausaha. Jurnal pengabdian dan Kewirausahaan, 2(1), 7.
Fadila, Dewi dan Lestari, Sari. 2013. Perilaku Konsumen. Palembang: Citra Books Indonesia.
Fahmi, Irham. (2014). Kewirausahaan, Teori, Kasus dan Solusi. Bandung: Alfabeta.
Fahmi, Irham. (2021). Kewirausahaan, Teori, Kasus, dan Solusi. Bandung: Alfabeta.
Fu’adi, I. F., Eko, B., dan Murdani. (2009). Hubungan Minat Berwirausaha dengan Prestasi Praktik Kerja Industri Siswa Kelas XII Teknik Otomotif SMK Negeri 1 Adiwerna Kabupaten Tegal Tahun Ajaran 2008/2009. Jurnal Pendidikan Teknik Mesin Unnes, 9(2), 129855.
Gelderen, M., Brand, M., Praag, M., Bodewes, W., Poutsma, E., and Gils, A. (2008). Explaining entrepreneurial intentions by means of the theory of planned behaviour. Carees Development International, p. 538-559.
Kotler, Philip. 2009. Manajemen Pemasaran. Jakarta: Indeks.
Purnomo, M., permana, E., Qosasi, A., Febrian, A. F., dan Miftahuddin, A. (2019). Entrepreneurial Orientation in Micro and Small Enterprises of Traditional Food Centers in Bandung, West Java.Binus Business Review.
Ratumbusyang . (2018). Kewirausahaan dalam Pendidikan. Banjarmasin: CV. Arti Kata.
Sari, Raihanah. Mahmudah Hasanah. Marya Ulfah dan Fathul Jannah. (2022). Analisis Faktor Yang Mempengaruhi Minat Berwirausaha Mahasiswa PGSD Melalui Mata Kuliah Kewirausahaan. Jurnal Ekonomi dan Bisnis, Vol. 9, Nomor 2, PGSD Universitas Lambung Mangkurat
Schunk , D.H., Pintrich, P.R., dan Meece, J.L. (2012). Motivasi dalam pendidikan: Teori, penelitian dan aplikasi. Diterjemahkan Ellys Tjo. Kembangan Utara: Indeks.
Subandono, Aris. (2007). Pengaruh pembelajaran Life Skill Diklat Kewirausahaan terhadap Minat Berwirausaha pada Siswa SMKN1 Semarang. Skripsi Fakultas.
Sugiyono, 2013. Metodologi Penelitian Kuantitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Suharti, L. dan Sirine, H. (2011). Faktor-faktor yang Berpengaruh terhadap Niat Kewirausahaan (Studi terhadap Mahasiswa Universitas Kristen Satya Wacana Salatiga). Jurnal Manajemen dan Kewirausahaan, XII (2), 124-234.
Sumarno, S., dan Gimin, G. (2019). Analisis Konseptual Teoritik Pendidikan Kewirausahaan Sebagai Solusi Dampak Era Industri 4.0 di Indonesia. Jurnal Pendidikan Ekonomi: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, Ilmu Ekonomi dan Ilmu Sosial, 13(2), 1.
Suryana, Y. (2013). Kewirausahaan, Pedoman Praktis, Kiat Dan Proses Menuju Sukses. Jakarta: Salemba Empat.
The Liang Gie. 1997. Pengantar Filsafat Ilmu. Yogyakarta: Liberty.
Venny, S.C. (2013). Faktor-faktor yang mempengaruhi intensi berwirausaha siswa SMK di Yogyakarta. Jurnal Pendidikan Vokasi, 2(1), 117-125.