Analisis Efektifitas Penggunaan E-Learning Berkolaborasi dengan Video Converence pada Mata Kuliah Algoritma dan Struktur Data Di Masa Pandemi COVID-19

  • Henny Prasetyani Universitas IVET
  • Kurniawati Kurniawati Universitas IVET

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat sejauh mana efektifitas penggunaan e-learning yang dikolaborasikan dengan aplikasi video confence pada mata kuliah algoritma dan struktur data di masa pandemi covid-19 karena perkuliahan di lakukan secara daring. Pembelajaran dengan berbasis e-learning yang telah disediakan oleh universitas yang beralamat www.kuliah.ivet.ac.id serta aplikasi video conference yaitu Zoom Meeting. Metodologi yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan media e-learning (www.kuliah.ivet.ac.id) berkolaborasi dengan Zoom dan bahan ajar untuk mata kuliah algoritma dan struktur data. Hasil yang diperoleh yaitu : (1) efektifitas pembelajaran dengan menggunakan media e-learning (kuliah.ivet.ac.id) berkolaborasi dengan Zoom pada matakuliah algoritma dan struktur data menunjukkan ada perbedaan antara kelompok mahasiswa kelas regular dan mahasiswa kelas karyawan; (2) efektifitas pembelajaran dengan e-learning berkolaborasi dengan Zoom lebih tinggi pada mereka yang memiliki akses internet lebih lama; (3) ada pengaruh efektifitas penggunaan e-learning berkolaborasi dengan Zoom dalam pembelajaran dengan hasil belajar sehingga penerapannya cocok dilakukan selama pandemi covid 19.

References

Anugrahana, A. 2020. Hambatan, Solusi dan Harapan: Pembelajaran Daring Selama Masa Pandemi Covid-19 Oleh Guru Sekolah Dasar. Jurnal Scholaria, 10(3). 282-289. ISSN 2549-9653.

Ekawardhana, N. E. 2020. Persepsi Mahasiswa Terhadap Perkuliahan Daring Sebagai Sarana Pembelajaran. Seminar Nasional Ilmu Terapan. Universitas Widya Kartika

Herdiana. D. 2020. Inovasi Proses Pembelajaran Daring bagi Mahasiswa Karyawan di Masa Pandemi Covid-19. Urban Green Proceeding. Banjarmasin: Universitas Muhammadiyah Banjarmasin.

Inah, E. N. 2015. Peran Komunikasi dalam Interaksi Guru dan Siswa. Jurnal Al-Ta’dib, 8(2), 150-167.

Sadikin, A. dan Hamidah, A. 2020. Pembelajaran Daring di Tengah Wabah Covid-19. Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi, 6(2), 214-224.

Saputri, N. A. O. dan Hannah, M. P. 2017. Analisis Efektifitas Penggunaan Web-Based-Learning pada Mata Kuliah Praktikum Struktur Data. Jurnal Sistem Informasi, Teknologi Informatika dan Komputer. 8(2).

Sugiyono. 2008. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung Alfabeta.

Zhafira, N. H., Ertika, Y., & Chairiyaton, C. 2020. Persepsi Mahasiswa Terhadap Perkuliahan Daring Sebagai Sarana Pembelajaran. Jurnal Bisnis Dan Kajian Strategi Manajemen, 4(1).

Zulfikar. 2020. Efektifitas Penggunaan Zoom terhadap Pembelajaran pada Masa Pandemi Covid 19. Jurnal Ilmiah Prenata Edu. 2(1), 33-39.
Published
2021-07-01
How to Cite
PRASETYANI, Henny; KURNIAWATI, Kurniawati. Analisis Efektifitas Penggunaan E-Learning Berkolaborasi dengan Video Converence pada Mata Kuliah Algoritma dan Struktur Data Di Masa Pandemi COVID-19. Joined Journal (Journal of Informatics Education), [S.l.], v. 4, n. 1, p. 8-14, july 2021. ISSN 2620-8415. Available at: <https://e-journal.ivet.ac.id/index.php/jiptika/article/view/1685>. Date accessed: 09 sep. 2024. doi: https://doi.org/10.31331/joined.v4i1.1685.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.