Blended Learning, Flipped Classroom, dan Metaverse pada Pendidikan
Abstract
Revolusi digital berdampak pada pendidikan dan adanya kesulitan untuk menarik minat dan keingintahuan siswa dalam pembelajaran tradisional sehingga pemahaman terkait Blended learning, flipped classroom dan metaverse sangat diperlukan untuk perubahan dan penyesuaian dunia pendidikan dengan era digital. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui konsep dan imlementasi blended learning, flipped classroom dan metaverse pada pendidikan. Metode yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian kepustakaan (library research). Hasil kesimpulan penelitian ini berupa konsep dan implementasi Blended learning, flipped classroom dan metaverse pada pendidikan, dan melalui penelitian ini dapat menambah khazanah dalam teknologi pendidikan
References
Bahri Syamsul, ‘The Aplication Of Blended Learning Method Using Scientific Approach in Physics Curriculum Study II Course, Jurnal Pendidikan Fisika, 1.8 (2020)
Barlian, Ujang Cepi, Nana Ismaelani, and Apriadi Manan F, ‘Metaverse Sebagai Upaya Menghadapi Tantangan Pendidikan Di Masa Depan’, Journal Of Education and Language Research, 1.12 (2022)
Damayanti Herry Novis, Sutama Sutama, ‘Efektivitas Flipped Classroom Terhadap Sikap dan Keterampilan Belajar Matematika di SMK, Jurnal Manajemen Pendidikan, 2.11 (2016), 2-8
Hapidz, Fadilah, Fadly Mulyana Akbar, Waisul Kurni Maulidi, Roulina Magdalena Siburian, and Hesti Puspitasari, ‘Pemberdayaan Teknologi Metaverse Bagi Kelangsungan Dunia Pendidikan’, Jurnal Kewarganegaraan, 6.1 (2022), 1738–47
Hoerudin Cecep wahyu, ‘Blended Learning Model In The Indonesian Language Learning During The Covid-19 Period, Al-Islah: Jurnal Pendidikan, 4.14 (2020)
Ismirawati Nur, Suvianti, Asrinan ‘Model Pembelajaran ERCORe dipadu Blended Learning untuk Kemandirian Belajar Biologi Siswa, BIOTIK: Jurnal Biologi dan Pendidikan Biologi, 2.10 (2020)
L, Susanti, and Hamama Pitra DA, ‘Flipped Classroom Sebagai Strategi Pembelajaran Pada Era Digital’, Health & Medical Journal (Heme), 1.2 (2019), 54–58
Lenggogeni Kurnia, Mawardi, ‘Effectiveness of A Flipped Classroom Based On Guided Inquiry Learning Sydtem on Acidbase Solution, Jurbal Penelitian Pendidikan IPA, 4.8 (2022), 2168-2175
Maya, Yuniarti, ‘Penggunaan Blended Learning Pada Pembelajaran Era Industri 4.0’, Bahastra: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 4.2 (2020), 31–38
Putri Aisyah Amalia, Mohamad Agung Rokhimawan, H. Ahmad Fatoni, Risa Nalwi Fatimah, ‘Strategi Flipped Classroom dalam Meningkatkan Kreativitas Belajar Mahasiswa Pada Materi Hadits Tarbawi di Era Digitalisasi’, Islamika: JurnalKeislaman dan Ilmu Pendidikan, 1.5 (2023), 375–390
Rohaeti Titi, Desy Lusiyana, ‘Implementasi Blended learning Pada Era Digital dan Kemandirian Belajar Mahasiswa Pendidikan Matematika, HJRME: Hipotenusa Journal Reasearch Mathematics Education, 1.3 (2020)
Sari Indah, Tasman Hamami, ‘Pengembangan Metode Flipped Classroom dalam Pendidikan Agama Islam: Solusi Pembelajaran di Masa Pandemi Covid-19, Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 4.4 (2020)
Yahman, ‘Independent Learning of The Blended Learning Model For CPNS Training Participants, Jurnal Prajaiswara, 1.2 (2021)
Vliet, E.A. Van, J.C. Winnips, and N. Brouwer, ‘Flipped-Class Pedagogy Enhances Student Metacognition and Collaborative-Learning Strategies in Higher Education But Effect Does Not Persist’, CBE-Life Sciences

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.