Rancang Bangun Sistem Akademik Sekolah (SIASKO) Berbasis Website di Pkbm Sumber Ilmu Adiwerna

  • Christiandi Akbar Nur Prakoso PKBM SUMBER ILMU
  • Handini Arga Damar Rani Universitas Ivet
  • Afis Pratama Universitas Ivet

Abstract

       Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan sebuah produk berupa Sistem Informasi Akademik yang berbasis Website sebagai pendukung proses kegiatan belajar mengajar. Kemudian menguji kelayakannya dari segi Operability,Learnability,Understandability,Attractiveness untuk dipergunakan di PKBM Sumber Ilmu Adiwerna.


Penelitian ini termasuk penelitian pengembangan (Research and Development). Adapun langkah-langkah penelitian yaitu: potensi masalah, analisis kebutuhan, desain produk, produk, validasi ahli, revisi produk, uji coba pemakaian, revisi produk, produk masal. Pengumpulan data dilakukan dengan questioner atau angket. Jumlah responden dalam penelitian ini yaitu 17 guru. Adapun metode yang digunakan untuk menganalisis data adalah dengan teknik analisis deskriptif kuantitatif yang diungkapkan dalam distribusi skor dan dipersentase terhadap kategori skala penilaian yang telah ditentukan.


Hasil dari penelitian ini yaitu sistem informasi akademik berbasis website di PKBM Sumber Ilmu Adiwerna. Sedangkan hasil analisis menunjukkan bahwa kualitas produk yang dihasilkan adalah sebagai berikut , Dari pengujian kegunaan sistem akademik sekolah mendapatkan hasil presentase pencapaian yaitu 91 %.  , Dari pengujian kemudahan penggunaan  mendapatkan hasil presentase pencapaian yaitu 93 %. Dari pengujian tampilan pada sistem  mendapatkan hasil presentase pencapaian yaitu 95 %. Dari pengujian kepuasan pengguna mendapatkan hasil presentase pencapaian yaitu 94 %.  dari uji kelayakan yang dikembangkan sistem informasi akademik menurut guru memperoleh persentase sebesar 93% termasuk dalam kategori sangat layak. Dengan demikian hasil pengujian dapat disimpulkan bahwa sistem informasi akademik berbasis website memiliki kualitas layak untuk mendukung proses belajar mengajar.


 


Kata kunci: Sistem Informasi Akademik, pengembangan, website.

References

Ismail, M. I. 2020. Teknologi pembelajaran sebagai media pembelajaran. Makassar: Cendekia Publisher.
Sugiyono (2011). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Afabeta.
Sugiyono. (2010). Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sujadi (2003). Metode Penelitian Pendidikan.Jakarta Rineka Cipta.
Published
2023-06-29
How to Cite
PRAKOSO, Christiandi Akbar Nur; RANI, Handini Arga Damar; PRATAMA, Afis. Rancang Bangun Sistem Akademik Sekolah (SIASKO) Berbasis Website di Pkbm Sumber Ilmu Adiwerna. Joined Journal (Journal of Informatics Education), [S.l.], v. 6, n. 1, p. 1-8, june 2023. ISSN 2620-8415. Available at: <https://e-journal.ivet.ac.id/index.php/jiptika/article/view/2539>. Date accessed: 25 feb. 2024. doi: https://doi.org/10.31331/joined.v6i1.2539.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.