Pengembangan Modul Belajar Robotika Berbasis Internet of Things (IoT) pada Program Studi Pendidikan Informatika, Fakultas Sains dan Teknologi, Universitas Ivet
Abstract
Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi semakin memudahkan pekerjaan manusia. Diantaranya tugas- tugas beresiko di industri kini telah menggunakan teknologi robotika. Teknologi robot dinilai lebih efektif, efisien dan minim kesalahan. Seiring revolusi industri 4.0 menjadi upaya transformasi menuju perbaikan dengan Semua proses manufaktur sebagian besar didukung oleh Internet karena Revolusi Industri 4.0 menjadi upaya transformasi untuk menjadi lebih baik dengan menghubungkan dunia online dan lini produksi industri. Internet of Things (IoT) adalah jaringan objek fisik yang dapat mengumpulkan data, dikendalikan dari jarak jauh, dan bertukar informasi satu sama lain. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan modul pembelajaran robotika berbasis IoT yang ramah siswa lengkap dengan panduan dan latihan. Penelitian dan pengembangan (R&D) digunakan, dan model ADDIE yang terdiri dari (A)nalysis, (D)esign, (D)evelopment, (I)mplementation, dan (E)valuation. Hasil penelitian berupa modul belajar robotika dalam bentuk trainer Internet of things yang didalamnya terdapat beberapa perangkat control, sensor dan actuator diantaranya adalah: NodeMCU ESP 8266, Sensor Ultrasonic, Light Dependent Resistor (LDR), Sensor DHT, Buzzer, Relay dan Light Emitting Diode (LED). Untuk projek pembelajaran diantaranya: Traffic Light, Automatic Street Light Control System, Parking Sensor System, Wifi Web Server DHT, Smart Home Controller Internet of Things (IoT). Modul di lengkapi dengan buku panduan dan Job Sheet
References
A. A. Gde. Ekayana, A.A Ratna R, (2019), Pengembangan Modul Pembelajaran Mata Kuliah Internet Of Things, Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan, Vol.16, No. 2. [Accessed 30 Maret 2023].
E. Jayanti, “Pengembangan Modul Pembelajaran Kimia Berbasis Poe (Predict, Observe, Explain) Pada Materi Larutan Elektrolit Dan Non Elektrolit,” Pendidik. Kim., vol. 2, no. 2, pp. 1–11, 2018.
I. P. G. A. Mahendra, I. G. Nurhayata, and K. U. Ariawan, “Pengembangan Modul Prototipe Mcb Elektronik Sebagai Media Pembelajaran Prakarya Dan Kewirausahaan Siswa Kelas Xi Sma Negeri 1 Singaraja,” J. Pendidik. Teknol. dan Kejuru., vol. 14, no. 2, pp. 168–177, 2017.
Istiadi, Faqih, Pengembangan dan Pelatihan Modul Pembelajaran Internet Of Things (IoT) pada SMK Widyagama Malang, 2020, Conference on innovation and Application of Science and Technology (CIASTECH 2020).
Muzakky, A., Nurhadi, A., Nurdiansyah, A., Wicaksana, G., & Istiadi, (2018). PERANCANGAN SISTEM DETEKSI BANJIR BERBASIS IoT. Conference on Innovation and Application of Science and Technology (CIASTECH 2018)
R. Ramadhana and A. Hadi, “Pengembangan Modul Pembelajaran Matematika Berbasis Learning Cycle 7E dengan Pendekatan Saintifik,” J. Ilm. Pendidik. Mat., vol. 1, no. 1, pp. 45–52, 2018.
Sulistyanto, M. P. T., Nugraha, D. A., Sari, N., Karima, N., & Asrori, W. (2015). Implementasi IoT (Internet of Things) dalam pembelajaran di Universitas Kanjuruhan Malang. Smartics Journal, 1(1), 20-23.
Technopedia, "Internet of Things IoT," 2015. [Online]. Available: https://www.techopedia.com/definition/28247/internet-ofthings-iot. [Accessed 30 Maret 2023].
U. Kalsum et al., “Pengembangan Modul Pembelajaran Biologi Materi Ekosistem Berbasis Pendekatan Contextual Teaching And Learning (CTL),” LENTERA Pendidik., vol. 21, no. 1, pp. 97–109, 2018.
Abrar, A., & Armin, A. (2018). Rancang Bangun Modul dan Alat Belajar Internet of Things (IoT) Sebagai Prototype Implementasi Revolusi Industri 4.0. Prosiding Snitt Poltekba, 3(1), 148-151
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.