Perbandingan Algoritma Klasifikasi dalam Analisis Sentimen Opini Masyarakat tentang Kenaikan Harga Bbm

  • Ngabdul Basedt Universitas An Nuur
  • Eko Supriyadi Universitas An Nuur
  • Agus Susilo Nugroho

Abstract

Kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM) telah menjadi permasalahan yang cukup kompleks dan kontroversial . Peningkatan harga BBM  memengaruhi berbagai aspek ekonomi dan sosial, termasuk inflasi, biaya produksi, dan tarif transportasi di Indonesia. Klasifikasi sentimen menggunakan algoritma Naïve Bayes, Support Vector Machine, dan K-Nearest Neighbors untuk menentukan algorimat klasifikasi sentimen manakah yang terbaik. Dengan melakukan perbangdingan metode algoritma Naïve Bayes, Support Vector Machine, dan K-Nearest Neighbors untuk menentukan algorimat klasifikasi sentimen manakah yang terbaik. Dengan melakukan perbangdingan algoritma klasifikasi sentimen  menghasilkan  akurasi yang paling tinggi didapatkan oleh algoritma Naive Bayes dengan akurasi sebesar 80,28%. Kedua adalah algoritma Support Vector Machine (SVM) dengan akurasi sebesar 73,89%. Algoritma yang memiliki nilai akurasi paling kecil adalah algorima K-Nearest Neighbor (KNN)  dengan akurasi sebesar 50,00%.

Published
2024-01-03
How to Cite
BASEDT, Ngabdul; SUPRIYADI, Eko; NUGROHO, Agus Susilo. Perbandingan Algoritma Klasifikasi dalam Analisis Sentimen Opini Masyarakat tentang Kenaikan Harga Bbm. Joined Journal (Journal of Informatics Education), [S.l.], v. 6, n. 2, p. 219-230, jan. 2024. ISSN 2620-8415. Available at: <https://e-journal.ivet.ac.id/index.php/jiptika/article/view/2893>. Date accessed: 05 july 2025. doi: https://doi.org/10.31331/joined.v6i2.2893.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.