Perancangan Media Pembelajaran TIK Menggunakan Aplikasi Visme di Kelas XI MTI Canduang
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh permasalahan penggunaan media pembelajaran yang monoton, khususnya media powerpoint yang penuh dengan teks tertulis, pembelajaran TIK banyak istilah informatika yang baru didengar siswa sehingga menyulitkan siswa dalam mencerna pelajaran TIK. yang mengakibatkan menurunnya pengetahuan siswa terhadap topik tersebut, tertundanya penyelesaian tugas, dan menurunnya semangat siswa terhadap pembelajaran TIK. Secara keseluruhan, hal ini dapat berdampak pada prestasi akademik siswa dan membatasi kesempatan mereka untuk mempelajari keterampilan teknis penting dalam ekonomi digital saat ini. Dengan membangun media pembelajaran ICT dengan aplikasi Visme, salah satu strategi untuk meningkatkan minat siswa terhadap mata pelajaran TIK adalah dengan membuat materi pembelajaran yang menarik seperti banyak visual yang mendukung mata pelajaran ICT serta video pendek yang meningkatkan semangat belajar siswa. Model Hannafin dan Peck digunakan sebagai model pengembangan. Ini memiliki tiga tahap: analisis kebutuhan (juga dikenal sebagai penilaian kebutuhan), desain (juga dikenal sebagai desain), dan pengembangan dan implementasi (juga dikenal sebagai pengembangan/implementasi). Pertama adalah uji validitas yang dilakukan oleh tiga ahli yang menilai tiga faktor yaitu desain media, isi, dan bahasa dengan nilai 0,89. Kedua adalah uji praktikalitas yang dilakukan oleh dua orang guru dengan skor 0,87. Terakhir, lima belas siswa mengikuti tesketiga yaitu efektivitas dan memperoleh nilai akhir 0,70.
References
Awallludin, D., & Wulandari, A. E. (2020). Perancangan Sistem Informasi Pelayanan Kesehatan UPTD Puskesmas XYZ. Jurnal JAMIKA Manajemen Informatika, 10(2), 187–201. https://doi.org/10.34010/jamika.v10i2
Ayu, R. R., Efriyanti, L., & Benfani, R. (2022). Perancangan Media Pembelajaran Berbasis Android Menggunakan Aplikasi Andromo Pada Mata Pelajaran Bimbingan TIK. Intellect?: Indonesian Journal of Innovation Learning and Technology, 01(02), 260–267.
Fadrial, Y. E., Yunefri, Y., Sutejo, & Putra, P. P. (2023). Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran Untuk Guru di SLB Negeri Pembina Menggunakan Aplikasi Visme. J-COSCIS?: Journal of Computer Science Community Service, 3(2), 142–147.
Febriansyah, A., Nofrianda, E., Setiawan, A., & Wahyudi, S. (2023). Media Pembelajaran Visme Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Tingkat SMA. Jurnal Media TIK, 6(2), 90–96.
Fikhri, M., Okra, R., Musril, H. A., & Khairuddin. (2022). Perancangan Media Pembelajaran TIK Kelas XI Berbasis Multimedia di MAS Asy-Syarif Kotolaweh. IRJE: Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(2), 461–470.
Firmadani, F. (2020). Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Sebagai Inovasi Pembelajaran Era Revolusi Industri 4.0. Prosiding Konferensi Pendidikan Nasional, 93–97.
Guspriadi, Y., & Suhaili, N. (2021). Pelaksanaan layanan informasi dengan metode blended learning dan presentation tools visme untuk meningkatkan pemahaman literasi digital peserta didik. Counseling & Humanities Review, 1(2), 44–51.
Harsiwi, U. B., & Arini, L. D. D. (2020). Pengaruh Pembelajaran Menggunakan Media Pembelajaran Interaktif Terhadap Hasil Belajar Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(4), 1104–1113.
Kartini, K. S., & Putra, I. N. T. A. (2020). Respon Siswa Terhadap Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Android. Jurnal Pendidikan Kimia Indonesia, 4(1), 12–19.
Kurniawan, Y. I., & Rivaldi, M. F. (2021). Game Edukasi Pengenalan dan Pembelajaran Berhitung untuk Siswa Kelas 1 Sekolah Dasar. Jurnal JAMIKA Manajemen Informatika, 11(April), 47–59.
Megawati, Efriyanti, L., Supriadi, Musril, H. A., & Dewi, S. M. (2022). Perancangan Media Pembelajaran TIK Kelas XI Menggunakan Google Sites di SMA Negeri 1 Junjung Sirih. IRJE: Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(1), 164–175.
Muthiah, Sumardi, & Rahman, T. (2020). Desain Media Pasir Kinetik Untuk Memfasilitasi Kemampuan Menulis Permulaan Anak Usia Dini. Jurnal PAUD Agapedia, 4(2), 207–218.
Nurdiana, D. (2020). Pengembangan Augmented Reality Sebagai Media Edukasi Pengetahuan Bencana Alam Gunung Berapi. Jurnal JAMIKA Manajemen Informatika, 10(2), 122–132. https://doi.org/10.34010/jamika.v10i2
Nurhasanah, L. R., Nugraha, M. S., & Dedih, U. (2024). Technology Integration In The Hannafin And Peck Model?: Dynamic Transformation Of Islamic Religious Education At SDN Cilengkrang. IMEIJ?: Indo-MathEdu Intellectuals Journal, 5(1), 364–379.
Okra, R., & Novera, Y. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Digital IPA Di SMP N 3 Kecamatan Pangkalan. Jurnal Educative?: Journal of Educational Studies, 4(2), 121–134.
Pratomo, A., & Irawan, A. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis WEB Menggunakan Metode Hannafin dan Peck. Jurnal POSITIF, 10(1), 14–28.
Sihombing, F. Y., Okra, R., Efriyanti, L., & Musril, H. A. (2022). Rancang Bangun Aplikasi Bimbingan Skripsi di IAIN Bukittinggi. IRJE?: JURNAL ILMU PENDIDIKAN, 2(2), 496–506.
Suri, S. (2022). Tafsir Dakwah Q.S An-Nahl Ayat 125 dan Relevansinya Dengan Masyarakat. Liwaul Dakwah?: Jurnal Kajian Dakwah Dan Masyarakat Islam, 12(2), 55–73.
Yuliani, R., & Hendri. (2023). Efektivitas Penerapan Job sheet Pembelajaran pada Mata Pelajaran Instalasi Motor Listrik di Sekolah Menengah Kejuruan. Jurnal Pendidikan Teknik Electro, 04(02), 339–345.
Zakiamani, A., Zulkarnain, & Maimunah. (2020). Validitas dan Praktikalitas Perangkat Pembelajaran Matematika?: Studi Pengembangan di SMPN Islam Teknologi Rambah. Journal for Research Iin Mathematics Learning, 3(3), 211–223.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.