Service Oriented Business Intelligence pada Perbankan

  • Mutoharoh Mutoharoh Universitas Krisnadwipayana
  • Delpima Suhita Universitas Krisnadwipayana
  • Stephanus Veri Nugroho Institut Bisnis dan Informatika Kwik Kian Gie
  • Aldo Aryanto Institut Bisnis dan Informatika Kwik Kian Gie

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi konsep Service-Oriented Business Intelligence (SoBI) dan penerapannya di sektor perbankan. SoBI merupakan kombinasi Service Oriented Architecture (SOA) dan Business Intelligence (BI) yang dapat membantu perbankan dalam meningkatkan proses pengambilan keputusan serta meningkatkan fleksibilitas dan interopabilitasnya. Penelitian  ini membahas tentang intergasi SOA dan BI di sektor perbankan, teknik spesifik yang digunakan dalam rekayasa sistem layanan SoBI di perbankan, serta tantangan dan peluang penerapan SoBI di sektor perbankan. Langkah-langkah yang diperlukan untuk mengimplementasikan SoBI di sektor perbankan, dimulai  dengan analisis lingkungan bisnis perbankan, yang mencakup identifikasi kebutuhan bisnis spesifik dan pemahaman menyeluruh terhadap sistem pencatatan perbankan yang ada. Selanjutnya, akan membahas pemahaman konsep SoBI dan keterkaitannya dengan SOA. Dalam penelitian ini juga akan membahas identifikasi kendala dan risiko khusus perbankan, serta strategi penggunaan fasad layanan untuk integrasi aplikasi perbankan. Selain itu, akan membahas pemanfaatan teknik caching untuk kinerja real-time dan penyusunan informasi sebelum integrasi. Penulis berharap bahwa pembahasan ini dapat memberikan wawasan bagi para praktisi perbankan yang tertarik untuk mengimplementasikan SoBI.

Author Biography

Delpima Suhita, Universitas Krisnadwipayana

dosen Universitas Krisnadwipayana

References

Asghar, S. A., Khawaja, K. F., Khalil, M., & Ozturk, I. (2021). Role of Business Intelligence in Banking Sector for Achieving Competitive Advantage- An Empirical Analysis. JISR Management and Social Sciences & Economics, 19(1), 85–97. https://doi.org/10.31384/jisrmsse/2021.19.1.6
Chan, L. K., & Lau, P. Y. (2018). Investigating the Impact of System Quality on Service-Oriented Business Intelligence Architecture. SAGE Open, 8(4). https://doi.org/10.1177/2158244018805527
Gordon, S., Grigg, R., Horne, M., & Thurman, S. (n.d.). Service-Oriented Business Intelligence. 6, 1–19.
Somya, R., Manongga, D., & Ineke Pakereng, M. A. (2018). Service-Oriented Business Intelligence (SoBI) for Academic and Financial Data Integration in University. Proceedings - 2018 International Seminar on Application for Technology of Information and Communication: Creative Technology for Human Life, ISemantic 2018, 1–5. https://doi.org/10.1109/ISEMANTIC.2018.8549762
Published
2024-06-30
How to Cite
MUTOHAROH, Mutoharoh et al. Service Oriented Business Intelligence pada Perbankan. Joined Journal (Journal of Informatics Education), [S.l.], v. 7, n. 1, p. 1-8, june 2024. ISSN 2620-8415. Available at: <https://e-journal.ivet.ac.id/index.php/jiptika/article/view/3223>. Date accessed: 03 dec. 2024. doi: https://doi.org/10.31331/joined.v7i1.3223.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.