Pengembangan Modul Belajar Berbasis Technopreneurship pada Mata Pelajaran Produk Kreatif dan Kewirausahaan di SMK YASIHA Gubug
Abstract
Jumlah pengangguran Lulusan SMK semakin meningkat, sebagian besar masih sebagai pencari kerja bukan sebagai pencipta lapangan kerja. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Menghasilkan model pembelajaran technopreneurship untuk Sekolah Menengah Kejuruan; (2) Mengetahui jenis pembelajaran technopreneurship yang sesuai dengan Kompetensi keahlian di SMK dan (3) menguji kefektifan model pembelajaran technopreneurship. Penelitian ini menggunakan metode research and development (R&D), tahapan penelitian meliputi (1) mendefinisikan dan merancang model; (2) melakukan validasi model oleh ahli atau pakar; (3) melakukan uji coba terbatas; (4) meguji keefektifan model dan menghasilkan final model. Penelitian dilakukan di SMK YASIHA Gubug, pada Kompetensi keahlian teknik otomasi industri. Modul pengembangan pada pemanfaatan Mini CNC laser dalam membuat produk – produk kreatif yang bernilai jual tinggi. Peserta didik juga di ajarkan dalam pemasaran produk secara offline dan online. Modul ini terbukti efektif dalam dalam meningkatkan kompetensi wirausaha siswa SMK.
References
Anggraini, F., & Mahmudah, N. (2020). Pengembangan Bahan Ajar Modul Pembelajaran Wirausaha Berbasis Teknologi (Technopreneurship) Di Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri Bojonegoro. INVENTOR: Jurnal Sains dan Teknologi, 1(2), 19-22.
AYSI, S. A. H. (2021). Efektivitas Pembelajaran Technopreneurship dengan Model Cooperative Learning untuk Meningkatkan Intensi Berwirausaha Siswa di SMK Ma'arif NU Paguyangan (Doctoral dissertation, Universitas Jenderal Soedirman).
CNN Indonesia. 2023. Pengangguran di RI Terbanyak Lulusan SMK. https://www.cnnindonesia.com/ekonomi/20230505130917-92-945695/pengangguran-di-ri-terbanyak-lulusan-smk. Diakses 13 Januari 2024.
Ismail, E. (2022, June). Implementasi Model Pembelajaran Technoprenership POL 4T di Era Pandemi Covid-19 bagi Mahasiswa Jurusan Teknik Mesin. In Seminar Nasional Inovasi Vokasi (Vol. 1, pp. 282-291).
Jaedun, A., Hariyanto, V. L., & Raharjo, N. E. (2017). Pengembangan Model Pembelajaran Produktif Bermuatan Kewirausahaan Bagi Siswa SMK Program Keahlian Teknik Bangunan.
Pratama, A., & Trisetiyanto, A. N. (2024). Perencanaan Strategis Universitas dan Penerapan Keterampilan Technopreneurship kepada Mahasiswa. Joined Journal (Journal of Informatics Education), 6(2), 245-257.
Purnomo, S., & Triyono, M. B. (2018). Efektifitas Technopreneurship Dengan Model Pembelajaran Cooperative Learning By Technopreneur For SMK Untuk Siswa Di SMK. Jurnal Taman Vokasi, 6(1), 120-130.
Putri, N. Z., & Elfizon, E. (2021). Pengembangan E-Modul Berbasis Technopreneurship Pada Proses Pembelajaran Instalasi Listrik Industri. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 2(2), 62-67.
Sunyoto, S., Khumaedi, M., & Suharmanto, A. (2015). Model Pelaksanaan Praktik Kerja Industri Pada Sekolah Menengah Kejuruan (Smk) Yang Berorientasi Pada Penyiapan Siswa Untuk Menjadi Technopreneur. Jurnal Penelitian Pendidikan, 32(1).
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.