Perancangan Media Pembelajaran Fikih Menggunakan Articulate Storyline 3 di MTs Swasta Terpadu Guguak Randah
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan sebuah media pembelajaran Fikih untuk membantu siswa dalam memahami materi yang diajarkan oleh guru. Di MTs ST Guguak Randah terkhususnya pada mata pelajaran Fikih kelas 8 ditemukan persoalan bahwa masih kurangnya pemanfaatan teknologi dalam pembelajaran. Hal ini dapat dilihat dari media pembelajaran yang dipakai guru hanya sebatas buku paket, LKS, dan juga Powerpoint sederhana. Sehingga diperlukan sebuah media pembelajaran yang dapat dikembangkan lebih jauh sehingga dapat memuat video, audio, gambar, animasi dan lain-lain yang dapat membuat pemahaman siswa lebih komprehensif terhadap mata pelajaran Fikih yang mana itu belum tersedia. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (RnD) dan memakai model pengembangannya 4D (Define, Design, Develop, Disseminate). Kemudian penelitian ini juga melalui uji validitas yang mendapatkan skor 0,87, uji praktikalitas yang mendapatkan skor 0,86 dan juga uji efektivitas yang mendapatkan skor 0,80. Dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran yang telah dirancang telah memenuhi kriteria valid, praktis dan efektif untuk proses pembelajaran.
References
Andarsyah, R., & Fadilla, R. (2020). Aplikasi Lelang Online Geographic Information System (WEBGIS) Intelligence PT. Pegadaian (Persero) Menggunakan Metode Research and Development. Jurnal Teknik Informatika, 12(2), 1–7. https://ejurnal.poltekpos.ac.id/index.php/informatika/article/view/868
Andriani, Y. (2023). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran terhadap Hasil Belajar Siswa di Smp Negeri 01 Meraksa Aji Tulang Bawang. In Griya Journal of Mathematics Education and Application (Vol. 3, Issue 2). https://doi.org/10.29303/griya.v3i2.323
Anggari, F. R., Zakir, S., Supriadi, & Efriyanti, L. (2023). Media Pembelajaran Bahasa Inggris Interaktif Menggunakan Articulate Storyline 3. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7, 28160–28168. https://www.jptam.org/index.php/jptam/article/view/11313%0Ahttps://www.jptam.org/index.php/jptam/article/download/11313/8886
Ansara, A. D. P., Okra, R., Efriyantii, L., & Musril, H. A. (2023). Perancangan Media Pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam berbasis Android Menggunakan Software Smart App Creator ( SAC ). Intellect, 02(01), 60–76.
Damayanti, L., Suana, W., & Riyanda, A. R. (2022). Pengembangan media pembelajaran interaktif berbasis augmeneted reality pengenalan perangkat keras komputer. Ikra-Ith Informatika:, 6(1), 10–19.
Fameska, E., Okra, R., Supriadi, & Antoni Musril, H. (2023). Perancangan Media Pembelajaran Berbasis Game Edukasi Menggunakan Mit App Inventor Pada Pelajaran Pai. JATI (Jurnal Mahasiswa Teknik Informatika), 7(1), 657–664. https://doi.org/10.36040/jati.v7i1.6179
Kamilah, N., & Susanti, S. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Articulate Storyline pada Materi Administrasi Perpajakan dengan Kompetensi Dasar PPh 21 Kelas Akuntansi. Edukatif?: Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(3), 3201–3213. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i3.2612
Krismayana, Efriyanti, L., Okra, R., & Musril, H. A. (2022). Perancangan Media Pembelajaran Sejarah Berbasis Android di SMK Negeri 1 Koto Besar. Intellect?: Indonesian Journal of Learning and Technological Innovation, 1(1), 41–49. https://doi.org/10.57255/intellect.v1i1.22
Oktavia, D. S., Zakir, S., Supriadi, & Efriyanti, L. (2023). Perancangan Media Pembelajaran IPA Kelas VIII Meggunakan Canva Dengan Model Microblogging di SMPN 1 Lubuk Alung. JATI, 7(3), 1764–1769.
Rosita. dkk, D. (2021). Pengembangan Media Pembelarajan Articulate Storyline 3. Open Jurnal System, 15(8), 5029–5036.
Sari, N. L., Derta, S., Musril, H. A., & Darmawati, G. (2023). Perancangan Media Pembelajaran Aqidah Akhlak Dengan Smart Apps Creator Berbasis Mobile Apps Di MTI Canduang. Jurnal INTEK, 06(02), 36–43.
Sari, P., Okra, R., Musril, H. A., & Derta, S. (2023). Perancangan Media Pembelajaran Animasi 3D Pada Mata Pelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga Dan Kesehatan Di MTsN 6 Agam. INNOVATIVE, 3(2), 13382–13391.
Wahyuni, I. S., Supriadi, Zakir, S., & Iswantir. (2022). Perancangan Media Pembelajaran Interaktif Menggunakan Articulate Storyline Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Di SMAN 1 Kecamatan Guguak. COMSERVA, 1(9), 623–637.
Yuniza, T., Derta, S., Zakir, S., & Okra, R. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Mata Pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi dengan Aplikasi Powtoon di MA Muhammadiyah Talu. Juisik, 3(1), 23–34.
Zakiamani, A., Zulkarnain, Z., & Maimunah, M. (2020). Validitas dan Praktikalitas Perangkat Pembelajaran Matematika: Studi Pengembangan di SMPN Islam Teknologi Rambah. JURING (Journal for Research in Mathematics Learning), 3(3), 211. https://doi.org/10.24014/juring.v3i3.10285

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.