Perancangan Sistem Informasi Rapor Kurikulum 2013 Berbasis Web Menggunakan Php Dan Mysql Di SDN 04 Talago Lubuk Sikaping
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh sekolah yang masih melakukan proses pengolahan nilai rapor kurikulum 2013 secara manual sehingga memerlukan banyak waktu. Jumlah siswa di SDN 04 Talago Lubuk Sikaping yang banyak menyebabkan sering terjadi kesalahan dalam penginputan nilai siswa. Hal ini menyebabkan proses pengolahan nilai rapor kurikulum 2013 kurang efektif dan efisien, sehingga perlu adanya sistem informasi rapor kurikulum 2013 di SDN 04 Talago Lubuk Sikaping. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penilitian Research And Development (R&D), yaitu sebuah metode untuk menghasilkan sebuah produk, sedangkan model pengembangan sistem menggunakan Sistem Development Life Cycle (SDLC) dengan menerapkan model incremental yang terdiri dari tahap Analysis, Design, Code, dan Test. Uji produk menggunakan standar ISO/IEC 25010 yang terdiri dari pengujian Functional Suitability, Compability dan Usability. Juga dilakukan pengujian validitas kebahasaan terhadap sistem informasi. Berdasarkan hasil penelitian yang penulis lakukan, penulis mampu membuat produk sistem informasi rapor kurikulum 2013 di SDN 04 Talago Lubuk Sikaping berbasis web menggunakan bahasa pemrograman PHP dan MySQL.
References
[2] S. Endah dan I. Fandi, “Sistem Informasi Pengolahan Data Nilai Siswa Berbasis Web pada MTS Matholi’ul Huda Pucakwangi,” Pros. Semin. Nas. Sains dan Teknol., vol. 12, no. 1, hal. 286–290, 2022.
[3] N. Kusainun, “Analisis Standar Penilaian Pendidikan di Indonesia,” J. Pendidik., vol. 4, no. 1, hal. 134–154, 2020.
[4] H. Bastomi, “Pemetaan Masalah Belajar Siswa SMK Negeri 3 Yogyakarta Dan Penyelesaiannya (Tinjauan Srata Kelas),” Konseling Edukasi "Journal Guid. Couns., vol. 4, no. 1, hal. 35–55, 2020, doi: 10.21043/konseling.v4i1.7418.
[5] H. Purnomo, Metode Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif. Karawang: CV Saba Jaya Publisher, 2020.
[6] A. A. Sofyan, P. Puspitorini, dan M. A. Yulianto, “Aplikasi Media Informasi Sekolah Berbasis SMS Gateway Dengan Metode SDLC (System Development Life Cycle),” J. SISFOTEK Glob., vol. 6, no. 2, hal. 5–12, 2020.
[7] F. N. Hasanah dan R. Sri, Buku Ajar Rekayasa Perangkat Lunak. Sidoarjo: UMSIDA Press, 2020. doi: 10.21070/2020/978-623-6833-89-6.
[8] M. S. Mustaqbal, R. F. Firdaus, dan H. Rahmadi, “Pengujian Aplikasi Menggunakan Black Box Testing Boundary Value Analysis,” Univ. Widyatama, 2020.
[9] R. Hormati, Y. Sartina, dan A. Muhdar, “Sistem informasi Data Poin Pelanggaran Siswa Menggunakan Metode Prototyping Berbasis Web Pada SMA Negeri 10 Kota,” J. Ilm. Ilk. Komput. Inform., vol. 4, no. 2, hal. 93–103, 2021.
[10] M. Prabowo, Metodologi Pengembangan Sistem Informasi. Salatiga: Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LP2M) IAIN Salatiga, 2020.
[11] T. Rahmadi, H. A. Musril, dan K. Kunci, “Perancangan Aplikasi Peminjaman Sarana dan Prasarana di Institut Agama Islam Negeri ( IAIN ) Bukittinggi,” vol. 01, no. 02, hal. 147–155, 2022.
[12] M. N. Naldo, S. Supriadi, H. A. Musril, dan S. D. S. Derta, “Perancangan Sistem Informasi Pengelolaan Praktik Kerja Lapangan (PKL) di SMK GENUS Bukittinggi,” Intellect Indones. J. Learn. Technol. Innov., vol. 1, no. 1, hal. 52–65, 2022.
[13] M. R. Darmawan dan H. A. Musril, “Perancangan Sistem Pendaftaran Audiens Seminar Proposal di Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Bukittinggi,” J. Teknol. dan Inf., vol. 11, no. 1, hal. 26–39, 2021, doi: 10.34010/jati.v11i1.3346.
[14] R. D. Dako dan W. Ridwan, “Karakteristik Functional Suitability Dan Performance Efficiency Tesadaptif.net,” Jambura J. Electr. Electron. Eng., vol. 3, no. 2, hal. 66–71, 2021, doi: 10.37905/jjeee.v3i2.10787.
[15] A. N. R. Nugroho, “Pengembangan Aplikasi Kamus Istilah Desain Grafis Dan Periklanan Sebagai Media Belajar Siswa Kompetensi Keahlian Multimedia SMKN 2 Yogyakarta,” Univ. Negeri Yogyakarta, 2020.
[16] I. Humala, H. A. Musril, Supriadi, dan R. Okra, “Perancangan Sistem Informasi Pendaftaran Siswa Baru di MTsN 6 Agam Menggunakan Bahasa Pemrograman PHP/MYSQL,” ANTHOR Educ. Learn. J., vol. 2, no. 3, hal. 345–350, 2023, doi: 10.31004/anthor.v2i3.142.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.