Perancangan Media Pembelajaran Interaktif Informatika Menggunakan Articulate Storyline 3 di MTsN 1 Bungo
Abstract
Latar belakang permasalahan akan muncul atas saat proses pembelajaran informatika di MTsN 1 Bungo karena atas saat proses pembelajaran guru masih mengandalkan papan tulis dan buku. Sebab karena itu, perlu adanya perancangan media pembelajaran interaktif menggunakan articulate storyline 3 di mata pelajaran informatika sebagai jalan keluar untuk meningkatkan semangat dan minat siswa dalam melaksanakan pembelajaran informatika. Penelitian ini dilakukan atas metode penelitian dan pengembangan (R&D). dan model akan digunakan adalah Thiagrajan ini dikenal atas Model 4-D. model ini terdiri dari : (1) Define bertujuan untuk menentapkan tujuan awal penelitian, (2) Design bertujuan untuk menyiapkan rancangan produk, (3) Development bertujuan untuk menghasilkan produk, dan (4) Disseminate bertujuan untuk penyebaran hasil pengembangan.
References
2020. “Pengembangan Media Pembelajaran Virtual Reality Pada Materi Pengenalan
Termination Dan Splicing Fiber Optic.” Dimensi Pendidikan dan Pembelajaran
3800.
Arthawan, I. Putu Agus Yudi, P. Wayan Arta Suyasa, dan Dessy Seri Wahyuni. 2020.
“Pengembangan Konten Pembelajaran dengan Model Blended Learning Pada Mata
Pelajaran Informatika.” Kumpulan Artikel Mahasiswa Pendidikan Teknik
Informatika (KARMAPATI) 9(3):172–84.
Desi Pritiswanti, Bai Badariah, Sholeh hidayat, Ratna Sari Dewi. 2022. “Pengertian
Pendidikan.” Pendidikan dan Konseling 4(6):7911–15.
Eti Safitri, Hari Antoni Musril, dan Sinta Marito. 2023. “Pengembangan Media
Pembelajaran Interaktif Berbasis Mobile Bermuatan Problem Based Learning Mata
Pelajaran Informatika Pada Kelas X Fase E Di SMA N 1 Koto Balingka.” Jurnal
Teknik
Informatika
10.55606/jutiti.v3i3.3252.
dan
Teknologi
Informasi
3(3):90–104.
doi:
Fatia, Ismiranda, dan Yetti Ariani. 2020. “Pengembangan Media Articulate Storyline 3
pada Pembelajaran Faktor dan Kelipatan Suatu Bilangan di Kelas IV Sekolah Dasar.”
Journal of Basic Education Studies 3(2):503–11.
MUSLIM, ELSA PUTRI, LIZA EFRIYANTI, SUPRIADI SUPRIADI, dan HARI
ANTONI MUSRIL. 2022. “Perancangan Media Pembelajaran Menggunakan Articulate Storyline 3 Pada Mata Pelajaran Matematika Kelas Vii Di Smp Negeri 3
Tilatang Kamang.” Jurnal INSTEK (Informatika Sains dan Teknologi) 7(1):11–20.
doi: 10.24252/instek.v7i1.26384.
Mustaqim, Ilmawan. 2016. “Pemanfaatan Augmented Reality Sebagai Media
Pembelajaran.” Pendidikan Teknologi dan Kejuruan 13(2):174–83.
Nur Azis, Gali Pribadi, Manda Savitrie Nurcahya. 2020. “Analisa dan Perancangan
Aplikasi Pembelajaran Bahasa Inggris Dasar Berbasis Android.” IKRA-ITH 4(3):1
5.
Nurrita, Teni. 2018. “Pengembangan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Hasil
Belajar Siswa.” 03:171–87.
Pratasik, Stralen, dan Baso Mohamad Ahyar. 2022. “Pengembangan Media Pembelajaran
Pada Mata Pelajaran Informatika MTS.” Edutik?: Jurnal Pendidikan Teknologi
Informasi dan Komunikasi 2(3):359–73. doi: 10.53682/edutik.v2i3.5282.
Randa, Yovi, dan Legiman Slamet. 2023. “Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif
Berbasis Software Lectota Inspire dalam Pembelajaran PPPAV di SMKN 1 Ranah
Ampek
Hulu.”
Jurnal
10.31004/jptam.v7i1.5387.
Pendidikan
Tambusai
7(1):1046–53.
doi:
Shalikhah, Norma Dewi. 2017. “Lectora Inspire Interactive Learning Media as Learning
Innovation.” Warta LPM 20(1):9–16.
Sihotang, Febri Yanti, Riri Okra, Liza Efrianti, dan Hari Antoni Musril. 2022. “Rancang
Bangun Aplikasi Bimbingan Skripsi di IAIN Bukittinggi.” Indonesian Research
Journal On Education 2(2):496–506. doi: 10.31004/irje.v2i2.290.
Supratman Zakir, Yuni Kartika. 2022. “Media Pembelajaran Mobile Menggunakan
Linktree Pada Mata Pelajaran Komputer & Jaringan Dasar Di SMKN 1 Lobang
Tengah.” 12(2).
Yanto, Doni Tri Putra. 2019. “Praktikalitas Media Pembelajaran Interaktif pada Proses
Pembelajaran Rangkaian Listrik.” INVOTEK: Jurnal Inovasi Vokasional dan
Teknologi 19(1):75–82. doi: 10.24036/invotek.v19i1.409.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.