Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Flipbook terhadap Efektivitas Pembelajaran Mata Pelajaran PPLG pada Peserta Didik Kelas X
Abstract
Penelitian ini bertujuan membuat media pembelajaran flipbook sebagai peningkat literasi pada mata pelajaran Dasar-Dasar Pengembangan Perangkat Lunak dan Gim. Latar belakangnya, 73,3% peserta didik SMKN 11 Malang bosan membaca buku cetak konvensional. Metode penelitian menggunakan R&D dengan model Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation. Hasilnya berupa produk flipbook yang meningkatkan minat literasi peserta didik sebesar 81,6% dibandingkan sebelum menggunakan flipbook. Flipbook menawarkan desain buku lebih menarik nampak realistis namun paperless sehingga hemat biaya cetak.
References
Koyuncu, ?., & F?rat, T. (2020). Investigating reading literacy in PISA 2018 assessment. International Electronic Journal of Elementary Education, 13(2), 263-275.
Nasution, F., Wulandari, R., Anum, L., & Ridwan, A. (2023). Variasi Individual dalam Pendidikan. Jurnal Edukasi Nonformal, 4(1), 146-156.
Nurwidiyanti, A., & Sari, P. M. (2022). Pengembangan media pembelajaran flipbook berbasis literasi sains pada pembelajaran IPA sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 6(4), 6949-6959.
Rahma, R. O., Rahmawati, V., & Setyawan, A. (2022). Pengaruh kejenuhan terhadap konsentrasi belajar dan cara mengatasinya pada peserta didik di sdn 1 pandan. Jurnal Pancar (Pendidik Anak Cerdas Dan Pintar), 6(2), 242-250.
Sugiyono, S. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & D Cetakan 17. Bandung: CV Alfabeta.
Syah, R., Winarno, R. A. J., Kurniawan, I., Robani, M. Y., & Khomariah, N. N. (2020, July). Pengaruh Motivasi Belajar dan Pola Asuh Keluarga Terhadap Kemampuan Literasi Sains. In SINASIS (Seminar Nasional Sains) (Vol. 1, No. 1).
Trisiana, A. (2020). Penguatan pembelajaran pendidikan kewarganegaraan melalui digitalisasi media pembelajaran. Jurnal pendidikan kewarganegaraan, 10(2), 31-41.
Widya, W., Zaturrahmi, Z., Muliani, D. E., Indrawati, E. S., Yusmanila, Y., & Nurpatri, Y. (2021). Pelatihan pembuatan bahan ajar digital menggunakan aplikasi kvsoft flipbook dan web anyflip di smp negeri 41 padang. Jurnal Pengabdian Masyarakat Multidisiplin, 4(3), 183-189.
Zorko, A., Ivan?i? Valenko, S., Tomiša, M., Ke?ek, D., & ?erepinko, D. (2017). The impact of the text and background color on the screen reading experience. Tehni?ki glasnik, 11(3), 78-82.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.