Merumuskan Strategi Inovasi Teknologi dan Penerapan Model TPACK
Abstract
perkembangan teknologi sedang mengalami kenaikan secara drastis sehingga masyarakat dituntut untuk bisa menerapkannya guna mempermudah pekerjaan mereka, tak terkecuali guru sebagai tenaga pendidik disekolah, guru dituntut untuk menggunakan teknologi dalam proses pembelajaran guna mempermudah siswanya dalam memahami pelajaran, Penelitian ini dilaksanakan untuk memberikan gambaran secara jelas dan tepat tentang perumusan strategi dalam membuat suatu inovasi yang berkaitan dengan teknologi dan penerapan model tpack dalam dunia pendidikan, dan bertujuan untuk memaparkan bagaimana merumuskan sebuah strategi inovasi dalam menerapkan teknologi dan penerapan tpack di sekolah, penelitian ini menggunakan penelitian pustaka (library reseach), penelitian ini dilaksanakan untuk memperoleh gambaran yang tepat tentang cara-cara merumuskan strategi inovasi teknologi dan penerapan tpack, penelitiqan ini dimulai dari masalah (problem) dan landasan teori, data yang diperoleh dalam penelitian ini adalah data sekunder yaitu berupa Data hasil dari penelitian-penelitian dan artikel yang diyakini akan kebenaran dan valid an data didalamnya.
References
Ambarwati Dewi, “Studi Literatur: Peran Inovasi Pendidikan pada Pembelajaran Berbasis Teknologi Digital”, Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, Vol. 8, No.2, 2021.
Bardi, Jailani, “Pengembangan Multimedia Berbasis Komputeruntuk Pembelajaran Matematika Bagi Siswa Sma”, Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, Vol. 2, No. 1, 2015.
Sembiring Darmawanta & Musri Kona, Inovasi Teknologi Pembelajaran, , Sumatera Barat: Pt Mafy Media Literasi Indonesia, 2024.
Dara Aulia Herman, “Penerapan Technological Pedagogical And Content Knowledge (Tpack) Di Indonesia” Universitas Pendidikan Indonesia: Bandung, 2019.
Imam Fitri Rahmadi. “Technological Pedagogical Content Knowledge (TPACK): Kerangka Pengetahuan Guru Abad 21.” Journal of Civics and Education Studies VOL. 6, no. NO. 1 (March 2019).
Novi Sofia Fitriasari, “perumusan strategi dan kebijakan teknologi informasi untuk usaha kecil menengah (UKM) di indonesia”, dalam seminar teknik informatika dan sistem informasi, Bandung, 6 April 2013.
Nurul Ayuni, dkk. “Penerapan TPACK Dan Problem-Based Learning Model Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa.” Jurnal Peluang VOL. 8, no. NO. 1 (n.d.).
Suhirman. “Eksistensi Teknologi Pendidikan Dalam Inovasi Pembelajaran.” NUANSA Vol. IX, no. No. 2 (Desember 2016).
Sri Indah Suryaningsih, Pemanfaatan Teknologi Pembelajaran dalam Adaptasi Pandemi Covid–19 pada laman https://pusdatin.kemdikbud.go.id/pemanfaatan-teknologi-pembelajaran-dalam-adaptasi-pandemi-covid-19/ diakses pada sabtu, 29/10/2022
Hanik Elya Umi, dkk, “Integrasi Pendekatan TPACK (Technological, Pedagogical, Content Knowledge) Guru Sekolah Dasar SIKL dalam Melaksanakan Pembelajaran Era Digital”, Journal of Educational Integration and Development, Vol. 2, No. 2 2022.
Tintin Suhaeni, “Pengaruh Strategi Inovasi Terhadap Keunggulan Bersaing di Industri Kreatif (Studi Kasus UMKM Bidang Kerajinan Tangan di Kota Bandung) “ dalam jurnal Riset Bisnis dan Investasi Vol. 4, No. 1, April 2018
https://www.quipper.com/id/blog/infoguru/tpack/#Komponen_TPACK
Herwindo Alfito Danuarta, Puan Maharani Antani, Muhammad Yudhi Luthfi, “Analisis Strategi Bisnis Pada Pt.Rempoa Indonesia Teknologi”, Jurnal Ekonomi Trisakti Vol. 4, No. 2 Oktober 2024.
Widaningsih Resmi, Dede Margo Irianto, Yeni Yuniarti, “Pembelajaran Berbasis Tpack Untuk Meningkatkan Kemampuan Numerasi Dan Hasil Belajar Peserta Didik”, Jurnal Kajian Pendidikan dan Hasil Penelitian, Vol. 9, No. 1, 2023.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.