Evaluasi Prestasi Akademik Mahasiswa Melalui Keaktifan dan Kuis: Analisis Regresi Linear Berganda
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh keaktifan dan nilai kuis terhadap nilai Ujian Tengah Semester (UTS) pada mata kuliah Matematika Diskrit di Stikom Yos Sudarso Purwokerto menggunakan model regresi linear berganda. Dalam konteks mata kuliah Matematika Diskrit, nilai Ujian Tengah Semester (UTS) menjadi tolok ukur untuk mengevaluasi pemahaman mahasiswa terhadap materi yang telah diajarkan. Keaktifan mahasiswa selama proses belajar dan hasil kuis yang diperoleh dianggap sebagai faktor penting yang dapat memengaruhi pencapaian nilai UTS. Data yang digunakan dalam penelitian ini mencakup nilai UTS sebagai variabel dependen, sementara keaktifan dan nilai kuis sebagai variabel independen. Model regresi linear berganda diterapkan untuk mengevaluasi kontribusi masing-masing variabel terhadap nilai UTS. Hasil analisis menunjukkan bahwa baik keaktifan maupun nilai kuis berpengaruh positif dan signifikan terhadap nilai UTS. Sementara uji F mengindikasikan bahwa model regresi yang dihasilkan valid secara keseluruhan. Hasil menunjukkan bahwa meningkatkan keaktifan mahasiswa dalam kelas dan memberikan kuis secara teratur dapat meningkatkan pencapaian nilai UTS. Oleh karena itu, dapat dilakukan pembelajaran interaktif dan menerapkan evaluasi berkala untuk mendukung proses belajar yang lebih efektif.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.