Pengembangan Sistem Manajemen Program Studi Berbasis Microsite untuk Meningkatkan Pelayanan Mahasiswa
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan sistem manajemen program studi berbasis microsite sebagai solusi peningkatan pelayanan informasi dan administrasi bagi mahasiswa dan dosen. Permasalahan utama yang diangkat adalah rendahnya efektivitas pelayanan program studi akibat ketergantungan pada komunikasi manual dan media sosial yang tidak terstruktur. Metode penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Hasil pengujian menunjukkan bahwa microsite yang dikembangkan mampu menyajikan informasi akademik, administrasi, serta layanan digital interaktif yang meningkatkan efisiensi komunikasi dan kepuasan pengguna. Tingkat kelayakan sistem dinilai oleh ahli media dan pengguna akhir (dosen dan mahasiswa), dengan skor rata-rata 87% (kategori sangat layak). Sistem ini dinilai mampu menjadi inovasi pelayanan digital program studi di era transformasi digital.
References
Adi, B. P. S., Atiqoh, A., & Karyono, H. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Microsite pada Pembelajaran Pemesanan dan Penghitungan Tarif Penerbangan SMK Usaha Perjalanan Wisata. Jurnal Pendidikan: Riset dan Konseptual, 7(4), 652-663.
Azzahra, I. S. S., & Kartiwi, Y. M. (2024). Edukasi Microsite Interaktif S.ID Dalam Lembar Kerja Peserta Didik Bermuatan Profil Pelajar Pancasila Untuk Meningkatkan Minat Siswa Memproduksi Teks Biografi. Transformasi?: Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 4(2), 159–173.
Firdaus, M. A., Firdaus, F., & Bardadi, A. (2010). Analisis sistem informasi manajemen perkuliahan pada fakultas ilmu komputer Universitas Sriwijaya. Sriwijaya Journal of Information Systems, 2(2), 130442.
Hafis, K. (2024). Implementasi Media Pembelajaran Berbasis Microsite Menggunakan Platform Linktree Pada Materi Limit Fungsi. JMLIPARE, 120-132.
Iskandar, H., dkk. (2020). Manajemen Layanan Akademik di Perguruan Tinggi. Jakarta: Prenada Media.
Malang, U. K. (2024). Implementasi Media Pembelajaran Berbasis Microsite Menggunakan Platform Linktree Pada Materi Limit Fungsi ( Implementation of Microsite-Based Learning Media Using the Linktree Platform on Function Limit Material ). 3(2), 120–132.
Rahmawati, D. (2021). Pemanfaatan Media Digital dalam Layanan Mahasiswa. Jurnal Teknologi Pendidikan, 12(2), 110-120.
Safitri, S. R., Hidayah, Q. N., & Kaswaraningsih, D. (2024). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Microsite Canva pada Mata Pembelajaran IPAS Harmoni dalam Ekosistem Kelas V SD. Journal of Comprehensive Science (JCS), 3(8).
Setia Adi, B. P., Atiqoh, A., & Karyono, H. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Microsite pada Pembelajaran Pemesanan dan Penghitungan Tarif Penerbangan SMK Usaha Perjalanan Wisata. Jurnal Pendidikan?: Riset Dan Konseptual, 7(4), 652. https://doi.org/10.28926/riset_konseptual.v7i4.851
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian R&D. Bandung: Alfabeta.
Widodo, S. A. (2022). Pengembangan Sistem Informasi Akademik. Yogyakarta: Deepublish.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.