Perbandingan Metode Filtering Untuk Peningkatan Kualitas Citra Iris Mata Berbasis Image Processing

  • Handini Arga Damar Rani IKIP Veteran Jawa Tengah

Abstract

Pada Iris mata manusia memiliki pola yang sangat unik dan berbeda setiap manusia, sehingga sangat mungkin untuk menggunakannya sebagai dasar pengenalan biometric yang dikenal dengan ilmu iridology. Iridology adalah metode pembacaan peta pada mata untuk mendeteksi beberapa jenis penyakit dengan menggunakan pola pengamatan iris mata. Dalam penelitian ini penulis mencoba meneliti pada data set citra iris mata yang didapatkan dari data set public dan private masih tampak adanya noise sehingga memerlukan pengolahan untuk mengurangi kekaburan atau glare dengan menerapkan metode berbasis filtering dengan membandingkan hasilnya antara beberapa metode filtering di antararanya laplassian, median filter, gaussian, dan laplassian of gaussian untuk mengatasi permasalahan pada citra iris mata terutama dalam mengurangi  glare  atau kilatan cahaya pada saat proses akuisisi citra. Untuk pengukurannya kami menggunakan nilai error rate sebagai hasilnya.

References

D’hiru, Iridologi Mendeteksi Penyakit Hanya Dengan Mengintip Mata, Jakarta. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama, 2007.
S. G. Songire, “Automated Detection of Cholesterol Presence using Iris Recognition Algorithm,” vol. 133, no. 6, pp. 41–45, 2016.
Saefurrohman, “Sistem Penentuan Kolesterol pada Manusia dengan Iridology menggunakan Deteksi Tepi The System of Cholesterol Determination in Humans by Iridology Edge Detection,” vol. 18, no. 1, pp. 30–40, 2013.
B. D. Jensen, “Iridology Simplified, An Introduction To The Science Of Iridology and its relation to nutrition,” 1985.
V. Bhangdiya, “Cholesterol Presence Detection Using Iris Recognition,” vol. 1, no. May, pp. 0–3, 2014
UBIRIS Iris Image Databse, available at. http://iris.di.ubi.pt/ " .
Gonzalez and Woods, Digital Image Processing. Prentice Hall, 2002
J. Daugman, “How Iris Recognition Works,” vol. 14, no. 1, pp. 21–30, 2004.
R. A. Ramlee and S. Ranjit, “Using Iris Recognition Algorithm , Detecting Cholesterol Presence,” 2009.
Published
2018-04-13
How to Cite
DAMAR RANI, Handini Arga. Perbandingan Metode Filtering Untuk Peningkatan Kualitas Citra Iris Mata Berbasis Image Processing. Joined Journal (Journal of Informatics Education), [S.l.], v. 1, n. 1, p. 10-16, apr. 2018. ISSN 2620-8415. Available at: <https://e-journal.ivet.ac.id/index.php/jiptika/article/view/622>. Date accessed: 03 may 2024. doi: https://doi.org/10.31331/joined.v1i1.622.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.