Efektifitas Efektivitas Penerapan E-Modul Berbasis Kvisoft Flipbook Maker Materi Satuan Panjang Kelas 3 SD

  • Nurya vivi Oktaviana Universitas IVET
  • Akhmad Nayazik Universitas Ivet
  • Handini Arga Damar Rani Universitas Ivet

Abstract

Guru berperan dalam membantu proses pengkontruksian pengetahuan siswa, yakni dengan guru tidak mentrasferkan pengetahuan yang dimilikinya, melainkan membantu siswa untuk membentuk pengetahuannya sendiri. Pengetahuan dapat dibentuk siswa berdasarkan pengalaman, kreativitas dan bantuan atau dukungan dari pihak guru, oleh karena itu guru harus mampu menciptakan pembelajaran matematika yang efektif dengan menambahkan konsep pada siswa melalui pendekatan dan media yang sesuai dengan materi, dan perkembangan siswa dalam memahami materi. Pembelajaran interaktif berbasis komputer mampu mengaktifkan siswa untuk belajar dengan motivasi yang tinggi karena ketertarikannya pada sistem multimedia, salah satu modul atau bahan ajar perlu dikembangkan agar siswa menyukai matematika, dan lebih termotivasi dalam belajar mandiri. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan penerapan e-modul berbasis Kvisoft Flipbook Maker pada mata pelajaran matematika materi satuan panjang kelas 3 SD, metode pada penelitian ini dilakukan menggunakan metode Research & Development model ADDIE yang terdiri dari 5 tahap yaitu : 1) Analysis, 2) Design, 3) Development, 4) Implementation, 5) Evaluation. Hasil dari penelitin ini menunjukkan bahwa nilai efektivitas oleh respon guru mendapat skor 90% dengan kriteria “sangat baik” dan juga respon siswa rata-rata skor 79,27% dengan kriteria “Layak”, berdasarkan hasil tersebut maka disimpulkan bahwa penerapan e-modul berbasis Kvisoft Flipbook Maker efektif digunakan pada materi satuan panjang mata pelajaran matematika kelas 3 SD.

References

Darmawan, D. (2012). Pendidikan teknologi informasi dan komunikasi: teori dan aplikasi. PT Remaja Rosdakarya.
Muchtadi, T. R. Sugiyono. 2013. Prinsip Proses dan Teknologi Pangan.
Sudrajat, A. (2014). Pengertian, Fungsi, dan Jenis Media Pembelajaran. Diambil dari https://akhmadsudrajat. wordpress. com/2008/01/12/konsep-mediapembelaja ran/pada, 21.
Widoyoko, E. P. (2014). Penilaian hasil pembelajaran di sekolah. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 1(2), 8.
Published
2019-07-04
How to Cite
OKTAVIANA, Nurya vivi; NAYAZIK, Akhmad; RANI, Handini Arga Damar. Efektifitas Efektivitas Penerapan E-Modul Berbasis Kvisoft Flipbook Maker Materi Satuan Panjang Kelas 3 SD. Joined Journal (Journal of Informatics Education), [S.l.], v. 2, n. 1, p. 32-40, july 2019. ISSN 2620-8415. Available at: <https://e-journal.ivet.ac.id/index.php/jiptika/article/view/839>. Date accessed: 21 mar. 2023. doi: https://doi.org/10.31331/joined.v2i1.839.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.