PENGARUH KESIAPAN PRAKTIK KERJA INDUSTRI DAN SARANA PRASARANA KELENGKAPAN BENGKEL TERHADAP KESIAPAN KERJA SISWA KELAS XI TKR SMK NEGERI 1 PETARUKAN TAHUN AJARAN 2017/2018
Abstract
Metode penelitian dengan menggunakan penelitian kuantitatif, menguji teori (hipotesis) menggunakan metode kuesioner. Subjek penelitian ini adalah Siswa Kelas XI TKR di SMK Negeri 1 Petarukan yang berjumlah 99 anak. Data diperoleh dari kuesioner/angket dengan Skala Likert. Analisis data dengan Uji Deskriptif, Uji Validitas. Uji Reliabilitas. Uji Normalitas menggunakan Histogram, P-P Plot, dan Kolmogorov Smirnov. Uji Multikolinieritas. Uji Heterokedastisitas. Uji Linieritas. Uji Regresi. Uji Hipotesis. Uji Koefisien Determinasi, diuji dengan menggunakan program SPSS v.24. Penelitian menunjukkan praktik kerja industri dari total responden 99 anak, 26 responden (26,25%) mempunyai kategori tanggapan sangat setuju, 54 responden (54,78%) mempunyai kategori tanggapan setuju, 17 responden (16,97%) mempunyai kategori tanggapan tidak setuju, dan 2 responden (2%) mempunyai kategori tanggapan sangat tidak setuju. Sarana Prasarana dari total responden 99 anak, 36 responden (36,36%) mempunyai kategori tanggapan sangat setuju, 57 responden (57,53%) mempunyai kategori tanggapan setuju, 6 responden (6,11%) mempunyai kategori tanggapan tidak setuju, dan 0 responden (0%) mempunyai kategori tanggapan sangat tidak setuju. Kesiapan Kerja dari total responden 99 anak, 59 responden (60%) mempunyai kategori tanggapan sangat setuju, 36 responden (36%) mempunyai kategori tanggapan setuju, 4 responden (4%) mempunyai kategori tanggapan tidak setuju, dan 0 responden (0%) mempunyai kategori tanggapan sangat tidak setuju. Hasil penelitian Uji Hipotesis (Uji t) menunjukkan pengalaman praktik kerja industri dan sarana prasarana berpengaruh signifikan terhadap kesiapan kerja siswa kelas XI TKR di SMK Negeri 1 Petarukan tahun ajaran 2017/2018 dengan nilai signifikan = 0,000 (< 0,05). Terdapat pengaruh antara praktik kerja industri dan sarana prasarana terhadap kesiapan kerja siswa kelas XI TKR di SMK Negeri 1 Petarukan sebesar 31,9% dari adjusted R² sebesar 0,319.
Kata Kunci : Praktik Kerja Insustri, Sarana Prasarana, Kesiapan Kerja.
References
Aziz.(2015). “Pengaruh Praktik Kerja Industri dan Sarana Prasarana terhadap Kesiapan Kerja siswa kelas XI TKR di SMK PGRI KUWU” Skripsi.
Azwar,Saifuddin.(2000). Reabilitas dan Validitas. Yogyakarta: Pustaka Belajar.
Dalyono.(2005). Psikologi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.
Danielson.(2008). Pendidikan Kejuruan. Jakarta: Gramedia.
Depdikbud.(1999). Kurikulum SMK Edisi 1999. Petunjuk Pelaksanaan. Jakarta: ditjen Dikdasmen.
Depkidnas.(2003).Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Depdiknas
Dosen Filsafat Ilmu UGM.(2010:29).
Dwi, Erma.(2012). “Pengaruh Pengalaman Praktik Kerja Industri dan Prestasi Belajar terhadap Kesiapan Kerja Siswa Kelas XII Kompetensi Keahlian Akuntansi SMK YPKK 1 Sleman 2011/2012”. Skripsi.
E. Faisal.(2011). Keefektifitas penggunaan sarana dan prasarana terhadap prestasi siswa SMK RSBI di EKS Karisiden Surakarta Tahun Ajaran 2009/2010.
Fitriyanto, A.(2006). Ketidakpastian Memasuki Dunia Kerja karena Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.
Ghozali,Imam.(2005). Aplikasi Analisis Multivariate dengan SPSS. Semarang: Badan Penerbit UNDIP.
Hamalik, Oemar.(2008). Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.
Haris Mudjiman.(2007). Belajar Mandiri (Self – Motivated Learning). Surakarta: LPP UNS dan UNS Press.
Indaryati, Nevi.(2007). Hubungan PI dan Motivasi Berprestasi Dengan Kesiapan Kerja Siswa Kelas XII Program Keahlian Akuntansi SMKN 1 Pedan tahun Ajaran 2006/2007. Skripsi. Fise UNY.
Irwanto.(2010). Pendidikan Karakter. Bandung: Pusaka Setia.
Kamus Besar Bahasa Indonesia.(1991). Jakarta: Balai Pustaka.
Keputusan Menteri P dan K no.079/1975. Sarana Prasarana.
Malayu S.P Hasibun.(2003). Organisasi dan Motivasi Dasar Peningkatan Produktivitas. Jakarta: Bumi Aksara.
Mohammad, Ali.(2008). Psikologi Remaja Perkembangan Peserta Didik. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Nasution, S.(2003). Berbagai Pendekatan dalam Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.
Ngalim Purwanto.(2006). Psikologi Pendidikan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Pardjono.(2001). Konsepsi Guru tentang Belajar dan Mengajar dalam Perspektif Belajar Aktif dalam Varidika No. 23 Tahun XIII. Surakarta: UMS Press.
Parwati.2014. “Pengaruh Pengalaman Pratik Kerja Industri dan Motivasi Memasuki Dunia Kerja terhadap Kesiapan Kerja Siswa Kelas XII Kompetensi Keahlian Administrasi Perkantoran SMK PGRI 1 Sentolo”. Skripsi.
Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 19 Tahun 2005 Tentang Standar Nasional Pendidikan.
Purnomo,Rachmad.(2014). “Pengaruh Informasi Dunia Kerja dan Dukungan Keluarga terhadap Kesiapan Kerja Siswa Kelas XII SMK Muhammadiyah Pekalongan”. Skripsi.
Riduwan.(2006). Rumus dan Data dalam Aplikasi Statistika. Cetakan I. Bandung: Alfabeta.
S. Cyndi.(2013). Pengaruh Informasi Dunia Kerja dan Praktik Kerja Industri Terhadap Kesiapan Mental Menghadapi Dunia Kerja Siswa Kelas XII Program Keahlian Teknik Kendaraan Ringan SMK Negeri 2 Sukoharjo Tahun Ajaran 2013/2014. Skripsi.
Sastrohadiwiryo, Siswanto B.(2005). Manajemen Tenaga Kerja Indonesia Pendekatan Administrasi dan Operasional. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Slameto.(2010). Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhi. Jakarta: Rineka Cipta.
Sugiyono.(2010). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Suharsimi, Arikunto.2001. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Yogyakarta: Rineka Cipta.
Suhendro.(2014). “Pengaruh Praktik Kerja Industri terhadap Kesiapan Siswa dalam Memasuki Dunia Kerja Siswa Kelas XII SMK N 01 Pekalongan”. Skripsi.
UU RI No. 20 Tahun 2003 tantang Sistem Pendidikan National. Jakarta: Depdiknas.
Wardiman.(1998). Pengembangan Sumber Daya Manusia Melalui Pendidikan dan Kebudayaan. Jakarta: PT Jayakarta Agung Offset.