PEMELIHARAAN SISTEM BATERAI MELALUI MODEL PROBLEM BASED LEARNING DENGAN MEDIA QUIZ I-SPRING
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan kompetensi Sistem Baterai siswa kelas X TKR 1 SMK Negeri 2 Demak Tahun pelajaran 2018/2019. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas dengan model pembelajaran Problem Based Learning menggunakan media Quiz I-Spring, dilakukan dengan teman sejawat selama dua siklus penelitian yang setiap siklusnya terdiri dari empat tahap, yaitu: (1) perencanaan tindakan, (2) pelaksanaan tindakan, (3) hasil observasi dan (4) refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X TKR 1 SMK Negeri 2 Demak sebanyak 36 siswa. Pengumpulan data menggunakan model tes, model pengamatan aktivitas siswa, dan model observasi. Instrumen yang digunakan adalah instrumen tes dan non tes. Instrumen tes berupa tes pengetahuan dan ketrampilan ,sedangkan instrumen non tes berupa observasi. Analisis data dilakukan dengan teknik analisis kuantitatif dan kualitatif.
Hasil analisis data penelitian menunjukan tingkat ketuntasan terus meningkat pada penilaian pengetahuan dari kondisi awal (55,8%) siklus I (69,4%) dan siklus II (80,5%) dan pada penilaian keterampilan juga terus meningkat dari siklus I (72,2%) dan siklus II (77,8). Berdasarkan hasil penelitian tersebut, pembelajaran kompetensi Sistem Baterai dengan model Problem Based Learning menggunakan media Quiz I-Spring dapat menjadi alternatif dalam pembelajaran, sebab dalam proses belajar mengajar dapat meningkatkan kompetensi siswa. Model Problem Based Learning serta media Quiz I-Spring dapat diterapkan dan diaplikasikan pada materi yang lain dengan tujuan peningkatan kompetensi siswa.
Kata Kunci : Peningkatan Kompetensi Sistem Baterai, Model Problem Based Learning, Quiz I-Spring.
References
Arikunto, Suharsimi. 2007. Manajemen Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.
Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek, Jakarta: Rineka Cipta.
Isjoni & Arif Ismail. 2008. Pembelajaran Virtual Perpaduan Indonesia-Malaysia. Yogyakarta : Pustaka Belajar.
Rusman, 2012. Model-model Pembelajaran : Mengembangkan Profesionalisme Guru, Raja Grafindo Persada. Jakarta.
Rusman. 2013. Belajar Dan Pembelajaran Berbasis-Komputer : Mengembangkan Profesionalisme Guru Abad 21. Bndung : Alfabeta.
Sanjaya. 2014. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta : PT Kencana Prenada Media Group.
Sumardjo. 2001.Menyikapi Fungsi Dan Temuan. Jakarta : BP Panca Usaha.
Suparno, AS. (1998). Penelitian Tindakan Kelas, makalah disajikan dalam Lokakarya Nasional Instruktur PKG. Depdikbud, Bogor.
Uno, Hamzah. B. 2008. Profesi Kependidikan. Jakarta : Bumi Aksara