PENGARUH PEMBELAJARAN KEWIRAUSAHAAN DAN PRAKTIK KERJA INDUSTRI TERHADAP MINAT BERWIRAUSAHA SMK SULTAN AGUNG
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap pengaruh pembelajran kewirausahaan dan praktek kerja indusri terhadap minat berwirausaha. Penelitian ini menggunakan pendekatan expost facto. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan dokumentasi dan angket. Populasi sebanyak 104 siswa. Penentuan sample menggunkana tenik proportional random sampling dengan rumus Slovin dengan jumlah sample sebanyak 84 siswa.Hasil analisis menunjukan pembelajaran kewirausahaan dalam kategori baik,praktek kerja industri dalam kategori cukup atau kompeten, dan minat berwirausaha dalam kategori baik. Hasil uji t variable pembelajaran kewirausahaan terhadap minat berwirausaha mempunyai nilai sig. sebesar 0,000 lebih rendah dari 0,05 sehingga Ha1 diterima. SedangkanHasil uji t variable praktek kerja industri mempunyai nilai sig. sebesar 0,001 lebih rendah dari 0,05 sehingga Ha2 diterima. Ada pegaruh positif pembelajaran kewirausahaan dan praktek kerja industri siswa XII TKR SMK Sultan Agung Cirebon. Dengan uji F perolehan nilai sebesar 0,000 lebih rendah 0,05 sehingga Ha3 diterima. Besarnya pengaruh pembelajaran kewirausahaan dan praktek kerja industri ditunjukan dengan nilai uji R2 atau nilai determinan sebesar 24,3% dan 75,7% dipengaruhi oleh variavel lain.
Kata kunci : Pembelajaran Kewirausahaan, Praktek Kerja Industri, Minat Berwirausaha.
References
Umi Rochayati, mahardika setia kusumawardani. (2011). “pengaruh prestasi praktik kerja industri danprestasibelajar” Jurnal Pendidkan kewirausahaan terhadap minat berwirausaha siswa kelas xii teknik audio videosmk muhammadiyah 1 sukoharjo tahun ajaran 2011/2012” jurnal Universitas Negeri Yogyakarta.
Hamalik, Oemar. (1996). Media Pendidikan. Bandung: Alumni.
Fuadi, Iski Fadli ”Hubungan Minat Berwirausaha dengan Prestasi Praktik Kerja Industri Siswa kelas XII Teknik Otomotif SMK Negri 1 Adiwerna Kabupaten Tegal.” Jurnal PTM Volume 9,Desember 2009,hlm 92-98.
Ghozali, Imam. 2013. Aplikasi Analisis Multivarite dengan Program IBM SPPS 21 Update PLS Regresi. Semarang : Badan Penerbit Universitas Diponogoro.
Eman Suherman. (2010). Desain Pembelajaran Kewirausahaan. Bandung: Alfabeta.
Suharsimi Arikunto. (2012). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Maman S. (2006). Pendidikan Wiraswasta. Jakarta: Sinar Grafika Offset.
Hendro. (2011). Dasar-Dasar Kewirausahaan. Jakarta: Erlangga.
Iskandar, B ( 2001). Kewirausahaan. Bandung : Sinar Baru