PENGARUH SARANA PRASARANA BENGKEL DAN KINERJA GURU PRAKTIKUM TERHADAP KETERAMPILAN PRAKTIK SISTEM KELISTRIKAN BODI
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pengaruh sarana prasarana bengkel dan kinerja guru praktikum terhadap keterampilan praktik kelistrikan bodi siswa kelas XI program keahlian teknik kendaraan ringan SMK N 2 Salatiga. Jenis penelitian adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan deskriptif yang bersifat expost facto. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI program keahlian teknik kendaraan ringan SMK N 2 Salatiga dengan jumlah sampel sebanyak 81 siswa. Pengujian data yang digunakan adalah uji validitas dan uji reliabilitas. Uji persyaratan analisis data menggunakan uji normalitas, uji linieritas, uji autokorelasi, uji multikolinieritas, dan uji heterokedastisitas. Sedangkan uji hipotesis data dengan menggunakan uji regresi sederhana, uji regresi ganda, uji T, uji F, uji R square (determinan) dengan menggunakan bantuan program pengolah data spss versi 24.0.
Hasil analisis menunjukkan ada pengaruh positif antara sarana prasarana bengkel dan kinerja guru praktikum terhadap keterampilan praktik kelistrikan bodi siswa kelas XI program keahlian teknik kendaraan ringan SMK N 2 Salatiga pada uji F dengan perolehan nilai sig. F sebesar 0,000 lebih kecil dari 0,05 (? = 5%) sehingga Ha diterima. Besarnya pengaruh sarana prasarana bengkel dan kinerja guru praktikum terhadap keterampilan praktik yang ditunjukkan pada uji R2 (determinan) sebesar 19,2 % dan sisanya 80,8 % dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Hal tersebut mengindikasikan semakin baik sarana prasarana bengkel dan kinerja guru praktikum maka keterampilan praktik siswa semakin meningkat.
Kata kunci: Sarana Prasarana, Kinerja Guru, Keterampilan Praktik
References
Ghozali, Imam. 2013. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 23. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Hadi, Sutrisno. 2005. Statistika Jilid 2. Yogyakarta: Andi Offset.
Hamalik, Oemar. 2009. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.
Hirano, Hiroyuki. (1995). Penerapan 5S di tempat Kerja. Penerjemah: Paulus A.Setiawan. Jakarta: Penerbit PQM.
Kemendiknas. 2008. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 40 Tahun 2008 tentang Standar Sarana dan Prasarana Sekolah Menengah Kejuruan/Madrasah Aliyah Kejuruan (SMK/MAK).
Mulyasa, E. 2005. Kurikulum Berbasis Kompetensi: Konsep, Karakteristik dan Implementasi. Jakarta: Remaja Rosdakarya.
Roesman, S. 2014. Pembelajaran Praktik Bagi Anak SMK. Bandung: Alfabeta.
Sanjaya, Wina. 2009. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Grup.
Sedarmayanti. 2001. Sumber Daya Manusia dan Produktivitas Kerja. Bandung: Mandar Maju.
Sudjana, Nana. 1987. Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensindo.
Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Supardi. 2013. Kinerja Guru. Jakarta: Rajawali Pers.