PENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISTEM STARTER MELALUI METODE INQUIRY DAN JOBSHEET PADA SISWA

  • Dwi Fembrianto Fakultas Sains Dan Teknologi Universitas IVET Semarang
  • Aunu Rofiq Djaelani Fakultas Sains Dan Teknologi Universitas IVET Semarang
  • Toni Setiawan Fakultas Sains Dan Teknologi Universitas IVET Semarang

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan metode inquiry dengan trainer sistem starter dan job sheet untuk meningkatkan hasil belajar sistem starter pada kelas IX Teknik dan Bisnis Sepeda Motor SMK Muhammadiyah Pencongan Kabupaten Pekalongan. Jenis penelitian adalah penelitian tindakan kelas tentang peningkatan hasil belajar sistem starter pada sepeda motor melalui model inquiri dengan dengan trainer sistem starter dan job sheet. Objek penelitian adalah siswa kelas XI TBSM di SMK Muhammadiyah Pencongan Kabupaten Pekalongan. Dari hasil penelitian didapatkan (1) penggunaan metode inquiry dengan trainer sistem strarter dan job sheet dapat meningkatkan hasil belajar sistem starter, pada nilai pengetahuan siswa siklus I dengan presentase 60% meningkat menjadi 86,67% pada siklus II. Untuk persentase nilai praktek pada siklus I sebesar 66,67% meningkat menjadi 82,4 untuk rata-ratanya dengan persentase 93,33% di siklus II. (2) penggunaan metode inquiry dengan trainer sistem strarter dan job sheet dapat meningkatkan keaktifan siswa pada siklus I persentase keaktifan siswa sebesar 63,33% meningkat menjadi 86% pada siklus II. (3) pelaksanaan proses pembelajaran dengan metode inquiry dengan trainer sistem strarter dan job sheet dapat secara efektif meningkatkan kinerja guru, pada siklus I persentase peningkatan aktifitas guru sebesar 73,33% meningkat menjadi 95% pada siklus II.

References

AHM. Buku Pedoman reparasi Honda Astrea Supra X. Jakarta: PT. Astra Honda Motor

Aqib, Zaenal. 2006. Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: Pratama Widya

Mahmud. 2011. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Pustaka Setia

Rahmawati, Tatik & Daryanto. 2013. Penilaian Kinerja Profesi Guru dan Angka Kreditnya. Yogyakarta: Gava Media

Sumiati & Asra. 2011. Metode Pembelajaran. Bandung: Wacana Prima

Undang-undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional
Published
2020-02-13
How to Cite
FEMBRIANTO, Dwi; DJAELANI, Aunu Rofiq; SETIAWAN, Toni. PENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISTEM STARTER MELALUI METODE INQUIRY DAN JOBSHEET PADA SISWA. Journal of Vocational Education and Automotive Technology, [S.l.], v. 1, n. 3, p. 1-6, feb. 2020. ISSN 2715-9922. Available at: <https://e-journal.ivet.ac.id/index.php/joveat/article/view/1084>. Date accessed: 04 july 2025.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.