PENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISTEM STARTER MELALUI METODE INQUIRY DAN JOBSHEET PADA SISWA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan metode inquiry dengan trainer sistem starter dan job sheet untuk meningkatkan hasil belajar sistem starter pada kelas IX Teknik dan Bisnis Sepeda Motor SMK Muhammadiyah Pencongan Kabupaten Pekalongan. Jenis penelitian adalah penelitian tindakan kelas tentang peningkatan hasil belajar sistem starter pada sepeda motor melalui model inquiri dengan dengan trainer sistem starter dan job sheet. Objek penelitian adalah siswa kelas XI TBSM di SMK Muhammadiyah Pencongan Kabupaten Pekalongan. Dari hasil penelitian didapatkan (1) penggunaan metode inquiry dengan trainer sistem strarter dan job sheet dapat meningkatkan hasil belajar sistem starter, pada nilai pengetahuan siswa siklus I dengan presentase 60% meningkat menjadi 86,67% pada siklus II. Untuk persentase nilai praktek pada siklus I sebesar 66,67% meningkat menjadi 82,4 untuk rata-ratanya dengan persentase 93,33% di siklus II. (2) penggunaan metode inquiry dengan trainer sistem strarter dan job sheet dapat meningkatkan keaktifan siswa pada siklus I persentase keaktifan siswa sebesar 63,33% meningkat menjadi 86% pada siklus II. (3) pelaksanaan proses pembelajaran dengan metode inquiry dengan trainer sistem strarter dan job sheet dapat secara efektif meningkatkan kinerja guru, pada siklus I persentase peningkatan aktifitas guru sebesar 73,33% meningkat menjadi 95% pada siklus II.
References
Aqib, Zaenal. 2006. Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: Pratama Widya
Mahmud. 2011. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Pustaka Setia
Rahmawati, Tatik & Daryanto. 2013. Penilaian Kinerja Profesi Guru dan Angka Kreditnya. Yogyakarta: Gava Media
Sumiati & Asra. 2011. Metode Pembelajaran. Bandung: Wacana Prima
Undang-undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional