PENGARUH KOMPETENSI GURU DAN SARANA PEMBELAJARAN BENGKEL TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA
Abstract
Penelitian yang dilakukan termasuk dalam penelitian kuantitatif yang menggunakan pendekatan expost facto, dimana penelitian ini mengkaji pengaruh variabel bebas Kompetensi Guru (X1) dan Sarana Pembelajaran Bengkel (X2) terhadap variabel terikat Hasil Belajar (Y). Sampel yang digunakan adalah siswa kelas XI Tbsm Smk Berbasis Pesantren Darul Ulum Rejosari Grobogan sebanyak 50 responden. Metode pengumpulan data menggunakan angket dan nilai rapot. Sedangkan alat uji analisis menggunakan program SPSS versi 20.0.
Hasil penelitian ini yaitu 1). Kompetensi Guru memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap Hasil Belajar yang ditunjukan dengan nilai rhitung = 0,421 dan thitung lebih besar dari ttabel sebesar 3,211 > 2,011 dan nilai signifikansi 0,002 < 0,05, koefisien determinasi = 0,160 yang artinya 16,0% variabel ini mempengaruhi hasil belajar. 2). Sarana pembelajaran bengkel memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap kesiapan kerja yang ditunjukan dengan nilai rhitung = 0,418 dan thitung lebih besar dari ttabel sebesar 3,188 > 2,011 dan nilai signifikansi 0,003 < 0,05, koefisien determinasi = 0,158 yang artinya 15,8% variabel ini mempengaruhi hasil belajar. 3). Kompetensi guru dan sarana pembelajaran bengkel secara bersama-sama memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar yang ditunjukan dengan nilai Rhitung = 0,608 dan Fhitung lebih besar dari Ftabel sebesar 13,768 > 3,18 dan nilai signifikansi 0,000 < 0,05, koefisien determinasi = 0,343 yang artinya 34,3% kedua variabel ini mempengaruhi hasil belajar.
Kata kunci: Kompetensi guru, sarana pembelajaran bengkel dan hasil belajar.
References
Sekolah Teori dan Praktek. Bandung : Alfabeta menyatakan persyaratan pendirian SMK,
Muhaimin, 2014, wacana pengembangan pendidikan islam, Yogyakarta : pustaka belajar
Raharjo. 2013. Peningkatan Kompetensi Guru dalampenyusunan KTSP: StuditentangEfektifitas Program SSQ di Madrasah di KabupatenPati. Semarang: IAIN Walisongo
Suparlan. 2005. Menjadi Guru Efektif. Yogyakarta: Hikayat Publishing
Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: PT Rineka Cipta