PENGARUH KOMPETENSI GURU DAN SARANA PEMBELAJARAN BENGKEL TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA

  • Ahmad Ashrori Nur Halim Fakultas Sains Dan Teknologi Universitas IVET Semarang
  • Aunu Rofiq Djaelani Fakultas Sains Dan Teknologi Universitas IVET Semarang
  • Toni Setiawan Fakultas Sains Dan Teknologi Universitas IVET Semarang

Abstract

Penelitian yang dilakukan termasuk dalam penelitian kuantitatif yang menggunakan pendekatan expost facto, dimana penelitian ini mengkaji pengaruh variabel bebas Kompetensi Guru (X1) dan Sarana Pembelajaran Bengkel (X2) terhadap variabel terikat Hasil Belajar (Y). Sampel yang digunakan adalah siswa kelas XI Tbsm Smk Berbasis Pesantren Darul Ulum Rejosari Grobogan sebanyak 50 responden. Metode pengumpulan data menggunakan angket dan nilai rapot. Sedangkan alat uji analisis menggunakan program SPSS versi 20.0.


Hasil penelitian ini yaitu 1). Kompetensi Guru memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap Hasil Belajar yang ditunjukan dengan nilai rhitung = 0,421 dan thitung lebih besar dari ttabel sebesar 3,211 > 2,011 dan nilai signifikansi 0,002 < 0,05, koefisien determinasi = 0,160 yang artinya 16,0% variabel ini mempengaruhi hasil belajar. 2). Sarana pembelajaran bengkel memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap kesiapan kerja yang ditunjukan dengan nilai rhitung = 0,418 dan thitung lebih besar dari ttabel sebesar 3,188 > 2,011 dan nilai signifikansi 0,003 < 0,05, koefisien determinasi = 0,158 yang artinya 15,8% variabel ini mempengaruhi hasil belajar. 3). Kompetensi guru dan sarana pembelajaran bengkel secara bersama-sama memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar yang ditunjukan dengan nilai Rhitung = 0,608 dan Fhitung lebih besar dari Ftabel sebesar 13,768 > 3,18 dan nilai signifikansi 0,000 < 0,05, koefisien determinasi = 0,343 yang artinya 34,3% kedua variabel ini mempengaruhi hasil belajar.


 


Kata kunci: Kompetensi guru, sarana pembelajaran bengkel dan hasil belajar.

References

Abdul hadis dan nurhayati. 2012. Psikologi pendidikan. Jakarta: Rineka cipta

Sekolah Teori dan Praktek. Bandung : Alfabeta menyatakan persyaratan pendirian SMK,

Muhaimin, 2014, wacana pengembangan pendidikan islam, Yogyakarta : pustaka belajar

Raharjo. 2013. Peningkatan Kompetensi Guru dalampenyusunan KTSP: StuditentangEfektifitas Program SSQ di Madrasah di KabupatenPati. Semarang: IAIN Walisongo

Suparlan. 2005. Menjadi Guru Efektif. Yogyakarta: Hikayat Publishing

Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: PT Rineka Cipta
Published
2020-02-13
How to Cite
NUR HALIM, Ahmad Ashrori; DJAELANI, Aunu Rofiq; SETIAWAN, Toni. PENGARUH KOMPETENSI GURU DAN SARANA PEMBELAJARAN BENGKEL TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA. Journal of Vocational Education and Automotive Technology, [S.l.], v. 1, n. 3, p. 10-12, feb. 2020. ISSN 2715-9922. Available at: <https://e-journal.ivet.ac.id/index.php/joveat/article/view/1086>. Date accessed: 04 july 2025.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.