MENINGKATKAN KOMPETENSI KONVERSI ENERGI DENGAN PROBLEM BASED LEARNING DAN VIDEO

  • Bayu Prio Laksono Fakultas Sains Dan Teknologi Universitas IVET Semarang
  • Yohanes Sarsetyono Fakultas Sains Dan Teknologi Universitas IVET Semarang
  • Nuraedhi Apriyanto Fakultas Sains Dan Teknologi Universitas IVET Semarang

Abstract

Penggunaan Metode  Problem Based Leaarning untuk Meningkatkan Kompetensi Mengidentifikasi Mesin Konversi Energi Dengan Media Video Pada Siswa Kelas X TKR SMK Negeri 1 Tonjong Kabupaten Brebes. Fakultas Saintek Universitas Ivet, Tahun 2019. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan secara kolaborasi bersama guru Kejuruan. Objek penelitian siswa kelas X TKR 1 SMK Negeri 1 Tonjong  kabupaten Brebes tahun pelajaran 2018/2019 sebanyak 36 siswa. Pengumpulan data diperoleh dari instrumen observasi dan dokumentasi dengan empat tahap yaitu (1) tahap perencanaan (2) tahap pelaksanaan (3) tahap pengamatan dan (4) tahap refleksi. Metode ini dinyatakan berhasil setelah dilakukan penelitian pada siklus II dengan hasil nilai ketuntasan klasikal sebesar 80% dengan perolehan sebanyak 29 siswa memperoleh nilai kompeten dan 7 siswa tidak kompeten ini menunjukan peningkatan yang signifikan. Metode Problem Based Learning dapat meningkatkan kinerja guru pada kualitas pembelajaran pada kompetensi mengidentifikasi mesin konversi energi pada siklus I presentase kinerja guru sebesar 78% yaitu masuk pada kategori baik dan pada siklus II kinerja guru mengalami kenaikan yaitu sebesar 88% dengan tingkat kategori baik sekali.


Kata Kunci : Problem Based Learning, Media Video, Kompetensi

References

Ahmadi (2005 : 52 ) yang menyatakan bahwa : Metode mengajar adalaah teknik penyajian yang dikuasai guru untuk mengajar atau menyajikan bahaan pelajaraan kepada siswa di dalam kelas.

Aqib (2008 : 38) yang menyatakan bahwa : Keberhasilan proses belajar mengajar dipengaruhi oleh metode dan strategi pembelajaran yang dirancang oleh seorang guru.

Finkle dan Torp (1994), mengatakan bahwa Problem Based Learning merupakan pengembangan kurikulum dan sistem pengajaran.

Hasibuan dan Mujiono (1993 : 31) Menganalisa dan menyajikan hasil.
Sudjana (2010:22) Hasil belajar adalah kemampuan yang dimiliki siswa setelah menerima pengalaman belajar.

Sugiyono, (2011:337) Menjelaskan proses analisis interaktif..

Suharsimi (2010: 70) mendifinisikan Hipotesis sebagai suatu jawaban yang bersifat sementara terhadap permasalahan penelitian, sampai terbukti melalui data yang terkumpul
Published
2020-02-13
How to Cite
LAKSONO, Bayu Prio; SARSETYONO, Yohanes; APRIYANTO, Nuraedhi. MENINGKATKAN KOMPETENSI KONVERSI ENERGI DENGAN PROBLEM BASED LEARNING DAN VIDEO. Journal of Vocational Education and Automotive Technology, [S.l.], v. 1, n. 3, p. 13-18, feb. 2020. ISSN 2715-9922. Available at: <https://e-journal.ivet.ac.id/index.php/joveat/article/view/1087>. Date accessed: 04 july 2025.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.