POLA ASUH ORANG TUA DAN MINAT BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA
Abstract
Metode Penelitian yang dilakukan termasuk dalam penelitian kuantitatif yang menggunakan pendekatan ex post facto, dimana penelitian ini mengkaji pengaruh variabel bebas Pola Asuh dan Minat Belajar, terhadap variabel terikat Prestasi Belajar. Sampel yang digunakan adalah siswa kelas X TKR SMK AL hikmah sebanyak 31 orang dari total populasi 35orang. Metode pengumpulan data menggunakan Angket. Pembahasan penelitian menunjukkan :1) mengenai pola asuh orang tua di ketahui 31 responden diketaui 45% hasilnya sangat berpengaruh, sedangkan 45% hasilnya setuju, 7% orang hasilnya cukup setuju.2)Sedangkan pada variabel Minat belajar menunjukan bahwa 3 orang (9%) berpendapat bahwa minat belajar sangat berpengaruh terhadap prestasi belajar siswa, sedangkan 24 orang (77%) berpendapat setuju 4 orang (14%) berpendapat cukup baik dan. 3)variabel Prestasi Belajar 3 orang (9%) memiiki prestasi belajar yang sangat baik,dan 18 orang (58%)berkategori baik, 9 orang (30%) cukup baik.4) Hasil uji hipotesis (uji t) menunjukanadanya pengaruh positif dan signifikan pola asuh orang tua terhadap prestasi belajar dengan nilai signifikansi t sebesar 0,006 lebih rendah dari 0,05 yang menunjukan H0 di tolak, sehingga hipotesis yang menyatakan“Ada pengaruh pola asuh orang tua terhadap prestasi belajar siswa“ dapat diterima. 5) Hasil uji hipotesis (uji t) menunjukan adanya pengaruh positif dan signifikan minat belajar terhadap prestasi belajar dengan nilai signifikansi t sebesar 0,028 lebih rendah dari 0,05 yang menunjukan H0 di tolak, sehingga hipotesis yang menyatakan “Ada pengaruh minat belajar terhadap prestasi belajar siswa“dapat diterima.5) Sehingga Pola Asuh Orang Tua dan minat belajar mempunyai pengaruh positif, itu dibuktikan dengan hasil uji hipotesis (uji F) di peroleh nilai sebesar 0,011 lebih rendah dari 0,05 yang menunjukan H0 di tolak, sehingga ada pengaruh pola asuh orang tua dan minat belajar terhadap prestasi belajar siswa kelas X TKR SMK AL HIKMAH Jepara 2018/2019, Sebesar 22,2%, karena adjusted R square menunjukkan angka 0,222. Dari hasil regresi pengaruh antara variabel bebas tersebut terhadap variabel terikat dalam persamaan regresi Y= 81,028 + 16,752 + 10,950.
Kata kunci : pola asuh orang tua, minat belajar, prestasi belajar.
References
Ayunitasari, (2014).Jurusan pendidkan ekonomi. Solo: Dalam Skripsinya
Alex, Sobur 2003. Pola asuh orang tua jurusan pgsd Jogja: dalam skripsinya
Badudu, JS dan sultan Muhammad zain, 1996. Kamus umum bahasa Indonesia.
Bukkhari, M. 1983. Jurusan ekonomi prestasi belajar Semarang: dalam skripsinya.
Djamarah, Syaiful Bahri.2000. Guru dana anak didik dalam interaksi edukatif, Jakarta: PT. Rineka Cipta