Pengaruh Praktik Kerja Industri (PRAKERIN) dan Motivasi Belajar Terhadap Kompetensi Tune Up Mobil Siswa

  • Aria Wira Atmaja Fakultas Sains Dan Teknologi Universitas IVET Semarang
  • Yohanes Sarsetyono Fakultas Sains Dan Teknologi Universitas IVET Semarang
  • Nuraedhi Apriyanto Fakultas Sains Dan Teknologi Universitas IVET Semarang

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pengaruh Praktik Kerja Industri (Prakerin) dan Motivasi Belajar baik secara masing-masing atau bersama-sama terhadap Kompetensi Tune Up Mobil siswa. Penelitian ini termasuk jenis penelitian ex-post facto dengan teknik analisis regresi sederhana dan teknik analisis regresi ganda. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI Teknik Kendaraan Ringan (TKR) SMK Ma’arif NU Kajen Tahun Ajaran 2017/2018 sebanyak 167 siswa, sampel yang menjadi responden sebanyak 120 siswa. Pengumpulan data menggunakan metode kuesioner dan dokumentasi. Hasil penelitian ini adalah (1) Praktik kerja Industri memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap Kompetensi Tune Up Mobil yang ditunjukkan dengan nilai rhitung = 0,406 dan thitung lebih besar dari ttabel sebesar 4,831 > 1,658 atau nilai Sig. sebesar 0,000 < 0,05, koefisien determinasi = 0,158 yang artinya 15,8% variabel ini mempengaruhi Kompetensi Tune Up Mobil. (2) Motivasi Belajar memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap Kompetensi Tune Up Mobil yang ditunjukkan dengan nilai rhitung = 0,496 dan thitung lebih besar dari ttabel sebesar 6,204 > 1,658 atau nilai Sig. sebesar 0,000 < 0,05, koefisien determinasi = 0,240 yang artinya 24,0% variabel ini mempengaruhi Kompetensi Tune Up Mobil. (3) Praktik kerja Industri dan Motivasi Belajar secara bersama-sama memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap Kompetensi Tune Up Mobil yang ditunjukkan dengan nilai Rhitung = 0,518 dan Fhitung lebih besar dari Ftabel sebesar 21,507 > 3,074 atau nilai Sig. sebesar 0,000 < 0,05, koefisien determinasi = 0,256 yang artinya 25,6% kedua variabel ini mempengaruhi Kompetensi Tune Up Mobil.


 


Kata Kunci: Praktik Kerja Industri, Prakerin, Motivasi Belajar, Kompetensi Tune Up Mobil.

References

Nashar. (2004). Peranan Motivasi dan Kemampuan awal dalam kegiatan Pembelajaran. Jakarta: Delia Press.

Panduan Pelaksanaan Uji Kompetensi Keahlian Tahun Ajaran 2017/2018. (2018). Jakarta: Dikmenjur.

Panduan Penilaian Hasil Belajar pada Sekolah Menengah Kejuruan. (2017). Jakarta: Kemdikbud.

Sarwono, Jonathan. (2006). Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Setiawan, Dhamas. (2016). Pengaruh Pengalaman Prakerin dan Pengetahuan Kewirausahaan Terhadap Kesiapan Kerja Peserta Didik Kelas XII Program Keahlian Teknik Mesin SMK N 3 Yogyakarta Tahun Ajaran 2015/2016. Skripsi. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.

Sugiyono. (2007). Statistika untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.

............. (2015). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta.

Undang-Undang Nomor 20 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. (2003). Jakarta: Depdikbud.

Sukardi. (2011). Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Published
2020-02-13
How to Cite
ATMAJA, Aria Wira; SARSETYONO, Yohanes; APRIYANTO, Nuraedhi. Pengaruh Praktik Kerja Industri (PRAKERIN) dan Motivasi Belajar Terhadap Kompetensi Tune Up Mobil Siswa. Journal of Vocational Education and Automotive Technology, [S.l.], v. 1, n. 3, p. 23-30, feb. 2020. ISSN 2715-9922. Available at: <https://e-journal.ivet.ac.id/index.php/joveat/article/view/1089>. Date accessed: 04 july 2025.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.