PENGARUH PRAKTEK KERJA INDUSTRI (PRAKERIN) DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP MINAT BERWIRAUSAHA
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah 1) Untuk menguji adanya pengaruh Praktek Kerja Industri terhadap Minat Berwirausaha siswa kelas XII TKR di SMK N 1 Kemusu. 2) Untuk menguji adanya pengaruh Motivasi Belajar terhadap Minat Berwirausaha siswa kelas XII TKR di SMK N 1 Kemusu. 3) Untuk menguji adanya pengaruh Praktek Kerja Industri dan Motivasi Belajar terhadap Minat Berwirausaha siswa kelas XII TKR di SMK N 1 Kemusu. 4) Untuk menggambarkan seberapa besar pengaruh Praktek Kerja Industri dan Motivasi Belajar terhadap Minat Berwirausaha siswa kelas XII TKR di SMK N 1 Kemusu. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan deskriptif yang bersifat ex post facto. Sampel menggunakan jumlah populasi yang diteliti sebanyak 97 responden. Variabel terdiri dari 2 variabel bebas dan 1 variabel terikat. Data diperoleh menggunakan kuesioner dan dokumentasi. Untuk diuji analisis datanya menggunakan bantuan program SPSS for windows versi 23.0. Penelitian menunjukan variabel Praktek Kerja Industri dari 97 responden, 70 responden menunjukan hasil yang baik sebesar 71,6%, variabel Motivasi belajar dari 97 reponden, 63 menunjukan hasil yang baik sebesar 63,9%, variabel Minat Berwirausaha dari 97 responden 63 menunjukan hasil yang baik sebesar 63,9%. (Uji F) dengan uji regresi berganda menunjukan bahwa Fhitung 553,897 > Ftabel 3,09 dan nilai signifikasi F sebesar 0,000 < 0,01. Menunjukan bahwa variabel Praktek Kerja Industri dan variabel Motivasi belajar memiliki pengaruh yang positif dan siginifikan terhadap Variabel Minat Berwirausaha. Dan secara simultan memberi pengaruh sebesar pengaruh 90% dari adjusted r square sebesar 0,900
Kata Kunci : Praktek Kerja Industri, Motivasi Belajar, Minat Berwirausaha
References
Eka Oktaviani Melianti (2014) dengan Hubungan Motivasi Belajar dengan minat wirausaha pada siswa jurusan tata kecantikan SMKN 7 Padang tahun ajaran 2014/2015
Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 19 Tahun 2005 Tentang Standar Nasional Pendidikan.
Sugiyono.(2010). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Imam Gozali. 2016.Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS 23.0 Update PLS Regresi. Semarang : Badan Penerbit Universitas Diponegoro
UU RI No. 20 Tahun 2003 tantang Sistem Pendidikan National. Jakarta: Depdiknas