PENINGKATAN KOMPETENSI PROYEKSI ORTHOGONAL MELALUI METODE TUTOR SEBAYA DENGAN PROGRAM SOLID WORKS
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk 1). Mengetahui penerapan metode tutor sebaya dengan program SolidWorks dalam kegiatan belajar mengajar, 2). Peningkatan aktivitas belajar siswa dan peningkatan hasil belajar siswa dalam menggambar sesuai aturan Proyeksi Ortogonal serta 3). Mendeskripsikan kinerja guru dalam penerapan metode tutor sebaya dengan program SolidWorks pada siswa X Mekatronika 1 SMK N 3 Salatiga. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang dilakukan sebanyak 2 siklus dimana masing-masing siklus terdiri dari tahapan perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas X Mekatronika 1 SMK N 3 Salatiga tahun ajaran 2017/2018 yang berjumlah 35 anak. Data diperoleh dengan observasi dan tes. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilaksanakan dapat disimpulkan bahwa penerapan metode tutor sebaya mampu meningkatkan kompetensi menggambar Proyeksi Ortogonal dengan program SolidWorks pada kelas X Mekatronika 1 SMK N 3 Salatiga. Hal ini terbukti dari 1). Hasil belajar siswa pada kondisi awal tingkat ketuntasan yang rendah, yaitu pengetahuan sebesar 48%, keterampilan sebesar 42% dan sikap sebesar 97%. Kondisi tersebut meningkat pada siklus I, yaitu pengetahuan sebesar 48%, keterampilan sebesar 73% dan sikap sebesar 97%. Kemudian pada siklus II ketuntasan klasikal mengalami peningkatan yang signifikan, yaitu pengetahuan sebesar 88%, keterampilan sebesar 94% dan sikap sebesar 100%. 2). Untuk aktivitas siswa pada kondisi awal tingkat ketuntasan sangat rendah, yaitu 18%. Kondisi ini sangat meningkat pada siklus I, dengan ketuntasan sebesar 73%. Kemudian aktifitas pada siklus II mengalami peningkatan yaitu 82% lebih tinggi dari standar yang ditetapakan yaitu 80%. 3). Untuk hasil kinerja guru dari kondisi awal persentase yang didapat sebesar 73% kondisi ini kurang efektif dari yang diharapkan. Kondisi tersebut meningkat pada siklus I, dengan ketuntasan sebesar 76%. Kemudian pada siklus II mengalami peningkatan yang segnifikan yaitu, sebesar 80%, sehingga telah mencapai indikator persentase yang harus di capai yaitu 80%.
Kata Kunci : Proyeksi Ortogonal, Tutor Sebaya, SolidWorks
References
Hairatun Nida, S.Ag. 2016. Kompetensi Apa Yang Harus Dimiliki Seorang Guru. https://student.cnnindonesia.com/edukasi/20161114103402-445-172448/kompetensi-apa-yang-harus-dimiliki-seorang-guru/
Isrok’atun, Nurdinah Hanifah, Atep Sujana. 2017. Melatih Kemampuan Problem Posing Melalui Situation Based Learning Bagi Siswa. https://books.google.co.id/books?id=nENMDwAAQBAJ&pg=PA75&dq=pembelajaran+tutor+sebaya&hl=en&sa=X&ved=0ahUKEwiEmayA8ZbcAhXWT30KHUbaAVsQ6EIJzAA#v=onepage&q=pembelajaran%20tutor%20sebaya&f=false
Karyatulisku. 2017. Pengertian aktivitas belajar menurut beberapa ahli. http://www.karyatulisku.com/2017/09/pengertian-aktivitas-belajar-menurut-para-ahli.html?m=1
Maryani. 2010. Penerapan Metode Pembelajaran Tutor Sebaya Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Akuntansi Pada Siswa Kelas X AK 1 SMK Batik 2 Surakarta Tahun Ajaran 2009/2010. https://core.ac.uk/download/pdf/12351790.pdf Muhammad Nurtanto, M.Pd. (2016). Interpretasi Gambar Teknik. Yogyakarta: Parama Publishing.
Nur Hidayat. (2012). SolidWorks For Design Engineer Jilid 1. Bandung: Politeknik TEDC Bandung, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI.
Sugeng. 2014. 3 Aspek Yang Menjadi Perhatian Guru Melakukan PTK. http://voice-teacher.blogspot.com/2016/04/3-aspek-yang-menjadi-perhatian-guru.html?m=1
Wawasan Pendidikan. 2014. Kelebihan dan Fungsi serta Langkah-langkah Metode Tutor Sebaya dalam Kelompok. http://www.wawasanpendidikan.com/2014/09/Kelebihan-dan-Fungsi-serta-Langkah-Langkah-Metode-Tutor-Sebaya-dalam-Kelompok.html
Yopi Nisa Febianti 2014. Peer Teaching (Tutor Sebaya) Sebagai Metode Pembelajaran Untuk Melatih Siswa Mengajar. http://www.fkip-unswagati.ac.id/ejournal/index.php/edunomic/article/viewFile/63/61
Zona referensi. 2018. Pengertian Observasi Menurut Para Ahli Dan Secara Umum. https://www.zonareferensi.com/pengertian-observasi/?_e_pi_=7%2CPAGE_ID10%2C6854849952