OPTIMALISASI KOMPETENSI SISTEM PENGAPIAN SEPEDA MOTOR MELALUI METODE PROBLEM BASED LEARNING DENGAN TRAINER PENGAPIAN

  • Thofiq Ramdhani Fakultas Sains Dan Teknologi Universitas IVET Semarang
  • Yohanes Sarsetyono Fakultas Sains Dan Teknologi Universitas IVET Semarang
  • Nuraedhi Apriyanto Fakultas Sains Dan Teknologi Universitas IVET Semarang

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah 1) Mengetahui tingkat kompetensi siswa kelas XI TSM 1 SMK Bhakti Utama NU Songgom Kabupaten Brebes semester ganjil Tahun Pelajaran 2018/2019. 2) Mengetahui langkah-langkah metode Problem Based Learning dengan trainer pengapian untuk meningkatkan kompetensi sistem pengapian sepeda motor. 3) Mengetahui hasil apakah guru dapat menggunakan metode Problem Based Learning dengan trainer pengapian dalam upaya meningkatkan kompetensi sistem pengapian pada sepeda motor di kelas XI TSM 1 SMK Bhakti Utama NU Songgom, Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan 2 siklus, setiap siklus terdiri dari tahapan perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi.Subjek penelitian ini adalah kelas XI TSM 1 SMK Bhakti Utama NU Songgom Brebes yang berjumlah 31 siswa. Data diperoleh dengan metode test, Job sheet, Report sheet, form penilaian, lembar observasi siswa, dan lembar observasi guru. Analisis data menggunakan analisis kualitatif.


Kata kunci : Problem Base Learning, Sistem Pengapian, Trainer Pengapian.

References

Afacariono, Muchamad. 2008. Penerapan Pembelajaran Berbasis Masalah untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Siswa pada Mata Pelajaran Biologi: Jurnal Pendidikan Vol.3 No.2 [Online]. Tersedia:

http://jurnaljpi.files.wordpress.com/2009/09/vol-3-no-2-muchammad-afacarino.pdf (28 Agustus 2018)

Al Anshori, Ayub. 2013. Penerapan Model Projek Basic Learning Dalam Upaya Meningktkan Kreatifitas Siswa Pada Konsep Pencemaran Lingkungan Di MAN Babakan Ciwaringin Cirebon. Bandung : Rieneka Cipta.

Arikunto, Suharsimi. 1990. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta : PT. Bumi Askara.

Honda. Pengantar Praktek Listrik. Jakarta : PT. Astra Honda Motor.

Jurusan Pendidikan Teknik-Otomotif. 2014. Pedoman Skripsi. Semarang: IKIP Veteran Semarang.

M. Taufiq Amir. 2009. Inovasi Pendidikan Melalui Problem Based Learning. Jakarta: Media Group.

Sanjaya, Wina. 2010. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Kencana

Sanjaya, Wina. 2008. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta : Prenada Media Group

Siswanto dkk. 2012. Pengaruh Model Problem Based Learning (PBL) Terhadap Kemamuan Pemecahan Masalah dan HasilBelajar Kognitif Biologi Siswa Kelas VII SMP Negeri 14 Surakarta Tahun Pelajaran 2011/2012: Jurnal

Winarno, Agus. 2018. Peneliti Relevan SMK BHAKTI UTAMA NU Songgom 2018.

Zuhri, Ali. 2014. Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Materi Bangun Ruang Melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL). Tegal: Skripsi Universitas Pancasakti Tegal.
Published
2020-02-13
How to Cite
RAMDHANI, Thofiq; SARSETYONO, Yohanes; APRIYANTO, Nuraedhi. OPTIMALISASI KOMPETENSI SISTEM PENGAPIAN SEPEDA MOTOR MELALUI METODE PROBLEM BASED LEARNING DENGAN TRAINER PENGAPIAN. Journal of Vocational Education and Automotive Technology, [S.l.], v. 1, n. 3, p. 62-67, feb. 2020. ISSN 2715-9922. Available at: <https://e-journal.ivet.ac.id/index.php/joveat/article/view/1094>. Date accessed: 04 july 2025.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.